Sukses

Health

7 Penyebab Bisul di Ketiak yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Bisul adalah salah satu penyakit yang muncul di area kulit. Bisul bisa muncul di area badan, punggung, leher, ketiak, pantat, atau selangkangan, yang sangat mengganggu aktivitas dan tidak nyaman. Bisul menyebabkan peradangan dan ada benjolan di area yang mengalami bisul.

Bisul akan sangat sakit ketika tersentuh. Sehingga bisul yang muncul di bagian ketiak akan sangat mengganggu penampilan dan menyebabkan ketidak nyamanan. Bagi sebagian orang, bisul juga bisa menyebabkan demam dan muncul rasa gatal.

Penyakit bisul muncul karena ada bakteri Staphylococcus aureus yang berada di lapisan bawah kulit. Tentu saja bisul ini dapat diobati dengan obat tertentu. Agar tidak terkena bisul, cek penyebab bisul di ketiak yang harus dihindari:

Penyebab Bisul di Ketiak

1. Sering Mencukur Ketiak

Jika Sahabat Fimela sering mencukur ketiak dengan piisau cukur, maka akan menyebabkan iritasi pada kulit dan peradangan. Karena kulit ketiak sangat sensitif dan pori-pori terbuka, maka bakteri akan mudah masuk ke dalam pori-pori ketiak dan menyebabkan bisul. Untuk itu, lebih baik menghilangkan bulu ketiak dengan waxing atau IPL untuk bulu.

2. Keringat di Ketiak

Keringat di ketiak bisa menyebabkan munculnya bisul. Karena keringat berlebihan akan membuat pori-pori tersumbat, lalu bisa membawa kotoran maupun bakteri yang menjadi penyebab bisul. Untuk mencegah keringat berlebih, hindari melakukan aktivitas berlebih pada saat cuaca panas, mandi secara rutin dan ganti pakaian saat berkeringat.

3. Sistem Imun Tubuh Sedang Turun

Saat sistem imunitas tubuh sedang turun, maka seseorang akan sangat mudah terserang infeksi virus atau bakteri. Sehingga bisul di ketiak dapat disebabkan karena sistem imunitas tubuh sedang menurun. Jagalah sistem imunitas tubuh dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan bersih.

Penyebab Bisul di Ketiak yang Selanjutnya

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein

Penyebab bisul di ketiak juga bisa karena terlalu banyak mengonsumsi protein, salah satunya adalah telur. Sebenarnya telur adalah makanan yang bergizi, dan memiliki kandungan protein dan omega-3 yang baik untuk tubuh. Namun ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi telur, karena memiliki kandungan protein yang tinggi atau alergi. Berhati-hatilah saat mengonsumsi telur dan jangan terlalu banyak makan telur.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Makanan yang memiliki kandungan gula tambahan, juga bisa menjadi penyebab bisulan. Gula bisa meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh, sehingga produksi minyak di lapisan kulit lebih banyak daripada biasanya. Produksi minyak berlebih ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan bisulan.

Penyebab Bisul di Ketiak yang Terakhir

6. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Makanan yang berlemak seperti junk food, fast food atau gorengan, bisa memicu produksi minyak berlebih di kulit. Makanan berlemak ini bisa meningkatkan hormon seperti insulin, yang menyebabkan folikel kulit mudah terserang bakteri penyebab bisulan di ketiak. Lebih baik hindari mengonsumsi makanan yang berlemak.

7. Mengonsumsi Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju atau yogurt, adalah makanan yang harus dihindari. Karena bisa menyebabkan bisulan. Walaupun tubuh memerlukan kalsium yang terdapat dalam olahan susu, tetapi bagi sebagian orang yang intoleran dengan susu, bisa mengalami bisulan dan diare.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading