Sukses

Health

Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja serta Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Kista ini biasanya muncul selama masa subur atau selama wanita mengalami menstruasi. Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di sebelah kiri rahim.

Kista ovarium memang merupakan penyakit yang terasa mengerikan bagi para perempuan. Kista ovarium bisa diidap oleh perempuan di umur berapapun, termasuk remaja juga bisa mengalaminya.

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab kista ovarium pada remaja. Simak beberapa penyebab kista ovarium pada remaja dan cara mencegahnya:

Penyebab Kista Ovarium Pada Remaja

1. Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Penyebab kista ovarium pada remaja bisa saja karena siklus menstruasi yang tidak lancar. Siklus menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti misalnya stres, pola hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, dan berat badan.

Normalnya, siklus haid terjadi setiap 28 hari sekali. Namun, jika kamu mengalami siklus hingga di atas 45 hari, sebaiknya kamu konsultasikan kesehatan tubuhmu ke dokter. Hal ini disebabkan karena siklus menstruasi tidak teratur turut memicu terjadinya kista. Biasanya, kista akan lebih mudah menyerang remaja perempuan dengan periode menstruasi pertama pada usia di bawah 11 tahun.

2. Faktor Genetik

Kista pada remaja juga bisa terjadi disebabkan karena faktor keturunan alias genetik. Jika ada salah satu dari kerabat atau keluarga yang memiliki riwayat penyakit kista, seperti misalnya ibu atau nenek, maka peluang terjadinya kista pada keturunannya pun terbilang tinggi. Terlebih jika diikuti dengan gaya hidup yang tidak sehat.

3. Kurang Olahraga

Kurang olahraga ternyata bisa menjadi penyebab kista ovarium pada remaja. Padatnya aktivitas membuat kamu nyaris tidak memiliki waktu ekstra untuk berolahraga. Padahal, olahraga begitu penting untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh, juga membuat tubuh selalu bugar. Tidak hanya pria, perempuan pun wajib berolahraga, karena penimbunan lemak pada tubuh bagian atas pun turut menjadi penyebab kista yang tidak disadari. Jadi, sempatkan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Ketidakmampuan Folikel dalam Berovulasi

Setiap kali perempuan mendapatkan siklus menstruasinya, terdapat satu kantong telur atau folikel yang akan berovulasi. Kemudian, folikel yang mengalami ovulasi ini akan melakukan degenerasi dan hilang oleh karena diserap oleh tubuh. Akan tetapi, ketika folikel gagal berovulasi, maka peluang terbentuknya kista akan sangat besar.

Cara Mencegah Kista Ovarium

Hingga saat ini belum ada cara khusus yang efektif untuk mencegah kista ovarium. Namun, penyakit ini sedikit banyak dapat diminimalisir risikonya dengan menjaga kesehatan ovarium dan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh, tetapi juga kesehatan ovarium. Ada beberapa aturan yang bisa dilakukan untuk menjaga agar makan kita selalu sehat, yaitu:

  • Menghindari semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.
  • Konsumsi jumlah protein yang sehat untuk tubuh seperti protein yang bersumber dari hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  • Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah.
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon seperti produk kedelai.

2. Kelola Stres

Stres berlebihan dapat memicu masalah keseimbangan hormon dalam tubuh, termasuk juga hormon-hormon yang diproduksi oleh ovarium. Oleh karena itu, mengelola stres dengan baik dapat menjadi salah satu kebiasaan baik yang perlu diterapkan.

3. Tidur Cukup

Tubuh perlu waktu tidur dan istirahat yang baik dan cukup. Kurang tidur tidak hanya dapat memicu terjadinya gangguan metabolisme, tetapi juga mengganggu keseimbangan hormon yang diproduksi ovarium.

4. Hindari Alkohol dan Rokok

Minuman beralkohol dan rokok dapat mengganggu metabolisme tubuh, serta merusak kesehatan organ reproduksi. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari 2 hal ini.

Itulah beberapa penyebab kista perempuan pada remaja. Ada beberapa penyebab yang bisa dihindari. Oleh karena itu, jika bisa dihindari sebisa mungkin hindarilah. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup yang lebih sehat mulai dari sekarang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading