Sukses

Health

How to: 8 Cara Mengatasi Kulit Kering hingga Bersisik di Rumah

Fimela.com, Jakarta Kulit kering merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh wanita Indonesia, salah satu penyebabnya adalah iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia. Tak hanya itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mandi menggunakan air hangat terus menerus serta ketidakcocokkan akan produk sabun.

Dilansir dari healthline.com saat ini sudah banyak produk kesehatan yang ciptakan untuk mengatasi kulit kering serta produk rumahan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengembalikan kelembapan kulit sahabat Fimela.

Residency Program Director dan Wakil Ketua Departemen di Cleveland Clinic, Ohio mengungkapkan bahwa minyak dan obat alami cenderung dapat melembapkan kulit karena tidak hanya mengantung produk pelembap yang aktif, melainkan pengawet alami untuk menghidrasi kulit. 

“Tidak seperti lotion dan krim berbahan dasar air atau yang mengandung pengawet, minyak murni memiliki bahan dasar alami, menjadikannya obat kulit kering yang bagus.” ungkap Christine.

Berikut 8 cara rumahan yang bisa dicoba oleh sahabat Fimela untuk mengatasi kulit kering yang bersisik. 

1. Pakai minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang memiliki sifat emolien untuk mengisi ruang di antara sel-sel kulit dan menciptakan permukaan kulit yang halus. Oleh karena itu, asam lemak jenuh yang terdapat di dalam minyak kelapa menjadi pelembap untuk menghaluskan kulit yang kering. 

Sahabat Fimela dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari pada bagian tubuh yang kering hingga sensitif sekali pun. Termasuk di area bawah mata atau sekitar mulut yang biasanya kering dan mengelupas. Untuk pemakaiannya, sahabat Fimela tidak perlu mencampurkannya dengan produk apapun, hanya cukup minyak kelapa saja. 

2. Potreleum Jelly

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, potreleum jelly dapat menyembuhkan kulit kering pada orang dewasa. Tak hanya itu, petroleum jelly juga dikenal sebagai minyak mineral yang dapat menjadi pelindung lapisan kulit, sehingga melembapkan kulit yang kering dan iritasi.

3. Gunakan sarung tangan

Tangan merupakan bagian tubuh yang mengalami kontak langsung dengan berbagai bahan kimia yang dapat membuat kulit menjadi kering, seperti sabun cuci piring dan deterjen. Untuk mengatasinya, sahabat Fimela dapat membiasakan diri untuk menggunakan sarung tangan sebelum menyentuh sabun cuci piring dan deterjen agar kulit tidak kering dan iritasi.

4. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega-3

Kulit kering biasanya terjadi akibat kurangnya nutrisi yang dikonsumsi, untuk menyembuhkan kulit kering sahabat Fimela dapat mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega-3.

Berikut beberapa makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, antara lain:

  • Bluberi
  • Tomat
  • Wortel
  • Kacang polong
  • Serta, Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon

5. Gunakan oatmeal

Banyak yang tidak tahu bahwa oatmeal merupakan salah satu produk yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit kering. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menunjukkan bahwa oatmeal telah digunakan berabad-abad untuk mengatasi masalah kulit pada saat itu.

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan iritasi. Tak hanya itu, oatmeal pun sangat efektif untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Untuk pembuatanya, sahabat Fimela dapat menghaluskan oatmeal menggunakan food processor kemudian diberi sedikit air. Setelah itu, sahabat Fimela dapat mengoleskannya ke tubuh sebagai masker.

6. Gunakan humidifier

Humidifier diciptakan untuk memberikan kelembapan pada rumah, oleh karena itu dengan menggunakan humidifier di rumah sahabat Fimela dapat mengurangi suhu kering yang disebabkan oleh sistem pemanas rumah. Menurut Harvard Medical School, humidifier dapat melembapkan udara rumah hingga 60 persen.

7. Oleskan lidah buaya ke kulit kering dan iritasi

Khasiat yang dimiliki oleh lidah buaya untuk mengatasi masalah kulit kering kini tidak perlu diragukan lagi, dengan berbagai manfaat yang dimiliki lidah buaya mampu mengatasi segala permasalahan kulit yang dialami.

Tekstur gel yang dimiliki oleh lidah buaya dapat mengurangi iritasi kulit kering yang bersisik karena kandungan nutrisi yang dimiliki. Tak hanya itu, lidah buaya pun mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dan jerawat.

8. Gunakan sabun khusus

Jika sahabat Fimela mengalami masalah kulit kering hingga bersisik, sahabat Fimela dapat menggunakan sabun yang memiliki kandungan untuk melembapkan kulit serta bebas dari pewangi (hypoallergenic). Kemudian setelah mandi, biasakan untuk menggunakan lotion dan krim pelembap untuk menghidrasi kulit. 

 

*Penulis: Angela Marici.

#Women for Women

Rekomendasi Pelembap Kulit Kering

1. Wardah Nature Daily Moisturizer Aloe Vera

Wardah Nature Daily Moisturizer Aloe Vera merupakan pelembap merek lokal, yang baik digunakan untuk kulit kering. Karena memiliki kandungan ekstrak lidah buaya dan minyak zaitun. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 23.000,00 saja.

2. The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet

Pelembap The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet ini cocok digunakan untuk kulit kering. Karena diperkaya dengan kandungan vitamin E dan antioksidan. Produk ini dijual dengan harga Rp 249.000,00 dengan isi 50ml.

3. Nature Republic Iceland Firming Watery Cream

Nature Republic Iceland Firming Watery Cream adalah pelembap yang berasal dari negara Korea. Produk ini bisa membantu melembapkan kulit kering dan menghidrasi kulit. Pelembap ini memiliki kandungan icelandic glacial water sebanyak 52.8% dan alpen rose, yang dijual dengan harga sekitar Rp 470.000,00.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading