Sukses

Health

7 Makanan yang Bantu Otak Lebih Cerdas dan Punya IQ Tinggi

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya dari faktor genetik saja seseorang bisa memiliki otak yang cerdas, tapi juga bisa didukung dari asupan makanan sehari-hari. Justru dari situlah yang penting karena kita tidak akan bis acerdas jika otak tidak diberikan 'bakan bakar' untuk mendukunya berkembang. Bahkan siapa saja bisa memiliki otak yang lebih cerdas tidak terbatas usia jika rajin makan makanan yang membantu otak cerdas berikut ini.

1. Lemak ikan

Mengonsumsi lemak ikan terbukti secara ilmiah mampu membantu mencerdaskan otak karena kandungan omega-3 yang tinggi. Makanan kaya asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, tuna, ikan kembung, sarden, haring, dan makarel sangat baik meningkatkan kemampuan otak. Omega-3 juga bisa didapat dari kedelai, kacang-kacangan, biji rami, dan biji-bijian lainnya.

2. Coklat hitam

Coklat hitam atau dark chocolate mengandung kakao yang tinggi dan kakao mengandung flavonoid, sejenis antioksidan kuat yang sangat penting dalam menunjang kesehatan otak dan membantu mencerdaskannya. Karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, maka kandungan makanan kaya antioksidan sangat dibutuhkan untuk menjaga otak terhadap efek penurunan kognitif karena usia atau oun penyakit tertentu. Flavonoid kakao diyakini dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak.

3. Alpukat

Buah alpukat yang lembut merupakan sumber lemak tak jenuh yang sehat yang dibutuhkan oleh otak untuk melakukan kinerja lebih baik. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang efeknya bisa menurunkan fungsi kognitif. Dalam kondisi normal, kandungan nutrisi alpukat dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak sehingga lebih cerdas dalam berpikir.

4. Telur

Telur dikenal sebagai makanan tinggi protein, tapi ternyata juga baik untuk otak karena merupakan sumber vitamin B kompleks seperti vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat, yang mana penting dalam menjaga dan meningkatkan kinerja otak serta dapat mendukung perkembangn otak lebih baik. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi vitamin B kompleks dapat mencegah penyusutan otak.

5. Brokoli

Brokoli bukan hanya menjadi sumber serat dan menu diet karena rendah kalori tapi juga baik untuk kecerdasan otak. Brokoli kaya akan senyawa glukosinolat yang ketika dipecah akan menghasilan isothiocyanate, dan itulah yang akan mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif. Dalam kondisi normal, kandungan nutrisinya mampu mendukung perkembangan otak lebih baik secara kognitif maupun memori.

6. Olahan kedelai

Tahu, tempe, susu kedelai, dan berbagai macam olahan kedelai diketahui sangat baik mencerdaskan otak karena mengandung kelompok antioksidan tertentu yang disebut polifenol. Polifenol diyakini dapat menurunkan risiko demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif sehingga bisa menghambat proses penuaan karena usia.

7. Kopi

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang mampu menjaga dan meningkatkan konsentrasi yang mana merupakan efek bagus untuk otak. Kafein dalam kopi merupakan zat yang mampu membuat otak meningkatkan kewaspadaan. Para peneliti menemukan bahwa kafein menyebabkan peningkatan entropi otak, yang mengacu pada aktivitas otak yang kompleks dan bervariasi. Ketika entropi tinggi, otak dapat memproses lebih banyak informasi.

Itu dia sekian makanan yang membantu otak lebih cerdas dan punya IQ tinggi. 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading