Alasan Kenapa Penting Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Mimi Rohmitriasih26 Sep 2022, 18:35 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 18:35 WIB
olahraga pagi

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah aktivitas yang penting untuk dilakukan. Ini mengingat bahwa olahraga memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Namun Sahabat Fimela, saat melakukan olahraga sebaiknya jangan asal olahraga. Para ahli menyarankan agar kita senantiasa hati-hati dalam berolahraga. Kita juga disarankan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga. 

Mengutip dari laman liputan6.com, pemanasan sebelum olahraga sangat penting untuk dilakukan. Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) Andi Kurniawan mengungkapkan jika olahraga adalah hal yang tak boleh dilewatkan sebelum olahraga. Kenapa demikian?

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

olahraga HIIT
ilustrasi hiit workout/Photo by MAX LIBERTINE on Unsplash

Pemanasan penting dilakukan dengan alasan agar tubuh terhindar dari risiko cidera selama olahraga. Pemanasan ini juga bermanfaat untuk menyiapkan tubuh secara maksimal sebelum melakukan aktivitas yang cukup berat seperti halnya olahraga. 

Andi mengatakan, “Warming up ditujukan untuk menyiapkan tubuh sebelum berolahraga serta menaikkan suhu tubuh. Setelah melakukan pemanasan 5 hingga 10 menit, ini bisa diikuti dengan peregangan, baru kemudian bisa dilanjutkan dengan olahraga.”

Para ahli mengungkapkan jika pemanasan dan olahraga sebaiknya dijadikan sebagai gaya hidup. Ini mengingat bahwa olahraga memiliki segudang manfaat buat kesehatan fisik pun kesehatan psikis. Orang-orang yang rajin olahraga tak hanya sehat secara fisik tetapi juga memungkinkan lebih sehat secara psikis dan terhindar dari berbagai masalah mental terutama saat usianya semakin senja.

Selain Pemanasan, Pendinginan Tak Kalah Penting

kesehatan
ilustrasi olahraga/Photo by mentatdgt from Pexels

Sebagai bagian dari olahraga, pendinginan atau cooling down juga penting untuk dilakukan. Ini bermanfaat untuk menurunkan denyut jantung dan suhu tubuh setelah olahraga. Cooling down juga membantu kita untuk merasa lebih nyaman dan tenang setelah berolahraga. 

Itulah sekian alasan mengenai pentingnya pemanasan juga pendinginan saat olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan kamu rutin olahraga sebagai salah satu gaya hidup sehat sehari-hari.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela