5 Penyebab Kanker Serviks dan Cara Pencegahannya

Kezia Prasetya Christvidya01 Okt 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 07:00 WIB
Kanker Serviks

Fimela.com, Jakarta Waspadai penyakit kanker serviks. Kanker serviks adalah penyakit yang menyerang pada bagian leher rahim. Sehingga penyakit ini sering disebut juga dengan kanker leher rahim.

Penyakit kanker serviks akan berisiko terhadap seorang perempuan. Kanker serviks banyak dialami oleh perempuan, setelah penyakit kanker payudara. Penyakit ini harus segera dicegah dan diwaspadai, karena bisa menyebabkan kematian.

Kanker serviks merupakan kanker ganas yang perkembangan selnya sangat cepat. Untuk itu, jika mengalami gejala-gejala kanker serviks seperti organ kewanitaan mengeluarkan darah, keputihan abnormal, buang air kecil terus menerus, dan sakit saat berhubungan, segera hubungi dokter agar lebih cepat untuk diobati. Berikut penyebab kanker serviks dan cara pencegahannya:

Penyebab Kanker Serviks

Kanker Serviks
Ilustrasi Penyebab Kanker Serviks/https://www.shutterstock.com/Siriluk ok

1. Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, akan berisiko terkena obesitas dan diabetes. Kedua penyakit tersebut akan menyebabkan kanker serviks, dan memperparah kondisi pasien. Bahkan bisa menyebabkan pembuluh darah pada jantung menyempit, sehingga mempercepat kematian.

2. Infeksi Human Papillomavirus (HPV)

Infeksi HPV paling sering menjadi penyebab kanker serviks. Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. Seseorang yang sering berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual, akan sangat mudah terkena kanker serviks.

3. Penggunaan Pil KB

Penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang lama, dapat berisiko menjadi penyebab kanker serviks. Jika ingin melalukan KB, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Sahabat Fimela bisa menggunakan IUD atau KB Spiral yang lebih aman.

Penyebab Kanker Serviks yang Selanjutnya

keputihan
ilustrasi Penyebab Kanker Serviks/T.Photo/shutterstock

4. Konsumsi Alkohol

Alkohol tidak hanya terdapat pada minuman saja. Karena ada beberapa jenis makanan fermentasi yang mengandung alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol, akan menyebabkan sistem imunitas tubuh lemah dan mempercepat perkembangan sel kanker. Sehingga mengonsumsi alkohol akan berisiko terkena kanker serviks.

5. Faktor Keturunan

Penyebab kanker serviks yang terakhir adalah karena faktor keturunan. Jika ada orang tua atau saudara yang mengalami kanker serviks, hal ini bisa membuatmu terkena risiko kanker serviks. Namun, hal ini juga belum jadi penentu ada bibit sel kanker di dalam tubuh.

Cara Pencegahan Kanker Serviks

kanker
ilustrasi Cara Pencegahan Kanker Serviks/GBALLGIGGSPHOTO/shutterstock

Cara pencegahan kanker serviks harus dilakukan sejak dini. Sebaiknya hindari melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Gunakan kondom saat melakukan hubungan, untuk menjaga kesehatan diarea intim.

Untuk menggunakan KB, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Agar penggunaan KB lebih aman dan terpantau oleh dokter. Sahabat Fimela juga harus menjaga kebersihan pada area organ intim.

Lakukan olahraga dengan rutin untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Hindari makanan-makanan yang dapat memicu kanker. Tetap menjaga pola hidup yang sehat untuk mencegah risiko kanker.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela