Sukses

Health

Penyebab Sakit Punggung Bagian Tengah Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sakit punggung merupakan hal yang telah dialami banyak orang. Artinya, kondisi ini sebenarnya sudah cukup umum dialami. Namun tetap saja, kondisi seperti ini tidak bisa diremehkan. Hal ini dikarenakan punggung merupakan salah satu organ tubuh yang cukup vital dan berperan penting untuk kehidupan kita sehari-hari.

Banyak pula yang mengeluhkan sakit punggung di area tertentu, seperti di area bawah, samping kanan atau kiri, atau bahkan di bagian atas dekat bahu. Namun tidak sedikit juga yang mengeluhkan merasa sakit punggung di bagian tengah.

Sakit punggung ini bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Kebanyakan sakit punggung ini disebabkan karena kebiasaan buruk, seperti duduk dalam posisi yang salah hingga berpengaruh pada postur tubuh. Namun sebenarnya sakit punggung apalagi di bagian tengah bisa disebabkan oleh banyak hal selain kebiasaan buruk. Simak beberapa penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita yang wajib kamu ketahui:

Penyebab Sakit Punggung Bagian Tengah Pada Wanita

1. Masalah tulang atau sendi

Masalah pada tulang dan/atau persendian di area punggung seperti arthritis (radang sendi) atau osteoporosis (pengeroposan tulang) dapat memicu rasa sakit pada tulang belakang bagian tengah.

Selain arthritis, osteoarthritis (OA) adalah peradangan sendi yang umum menyebabkan rasa nyeri di punggung tengah. Gejala OA menyebabkan ujung-ujung tulang saling bergesekan, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku.

Ankylosing spondylitis juga merupakan salah satu jenis radang sendi yang menjadi penyebab sakit punggung di bagian tengah. Gejalanya meliputi rasa sakit dan kaku di punggung bagian tengah. Seiring waktu, penyakit ini menyebabkan ruas tulang belakang menyatu yang dapat mempengaruhi postur dan mobilitas.

2. Gaya hidup

Hampir sebagian besar penyebab nyeri pada punggung tengah diakibatkan oleh postur tubuh yang kurang baik.

Postur tubuh yang cenderung membungkuk dapat menyebabkan otot-otot punggung, meregang karena harus bekerja lebih keras untuk menstabilkan posisi pangkal leher dan pundak agar selaras dengan punggung. Nyeri juga bisa muncul akibat kebiasaanmu mengangkat barang berat dengan cara yang buruk. Mengangkat benda berat secara berulang-ulang dengan postur yang tidak tepat dapat menyebabkan otot dan ligamen di bagian belakang meregang atau robek.

Selain itu, risiko nyeri dapat semakin tinggi jika kamu memiliki kebiasaan merokok aktif. Merokok bisa membuatmu lebih rentan terhadap nyeri karena berkurangnya asupan nutrisi ke tulang belakang.

Begitu pula dengan obesitas. Semakin berlebih berat badanmu, bisa membuat nyeri pada tulang, otot, dan setiap struktur pada bagian belakang lebih terasa nyata.

3. Cedera Fisik

Penyebab sakit punggung bagian tengah bisa dikarenakan cedera fisik yang mengakibatkan patah tulang. Fraktur atau patah tulang dapat terjadi pada salah satu vertebra di punggung tengah sebagai akibat dari cedera olahraga, kecelakaan mobil, atau jatuh.

Gejala-gejalanya termasuk nyeri hebat yang semakin parah setiap kali bergerak. Jika cedera memengaruhi sumsum tulang belakang, nyeri dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan inkontinensia. Patah tulang membutuhkan perawatan medis segera.

4. Umur

Semakin bertambah tua, maka akan semakin rentan pula mengalami nyeri punggung. Itulah kenapa keluhan sakit tulang belakang di tengah punggung cenderung lebih sering dialami oleh orang-orang berusia 30-60 tahun.

Peningkatan risiko ini dipengaruhi oleh proses penuaan yang membuat massa otot berkurang, cairan di persendian tulang belakang menipis, dan penurunan kepadatan tulang.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Tengah

1. Kompres Hangat dan Dingin

Mengompres hangat dan dingin pada area yang terasa nyeri merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi kondisi ini. Pertama, cobalah kompres bagian punggung tengah dengan es batu yang dilapisi kain. 

Setelah beberapa menit letakkan kompres hangat pada daerah yang sama. Jangan lupa untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit untuk mengistirahatkan area yang terasa nyeri.

2. Minum Obat Pereda Rasa Sakit

Jika teknik kompres tidak berhasil, mungkin kamu bisa coba minum obat penghilang rasa nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen. Cara ini dipercaya dapat mengatasi nyeri dan bengkak, terutama sakit pada punggung bagian tengah.

Sedangkan untuk kasus sakit tulang punggang bagian tengah yang lebih parah perlu diobati menggunakan obat yang lebih kuat. Diantaranya adalah opioid serta antidepresan yang dapat mengontrol rasa sakit.

3. Perbaiki Postur Tubuh

Salah satu penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita adalah postur tubuh yang salah. Oleh karena itu, mulailah untuk memperbaiki posisi tubuh saat duduk atau berjalan dengan cara:

  • Berdiri tegak dengan bahu yang tegap.
  • Tidak membungkuk.
  • Jika kamu sering duduk, upayakan memberi waktu untuk berdiri dalam beberapa menit.
  • Atur tinggi kursi dan komputer, serta posisi keyboard dan mouse.

4. Olahraga

Ternyata olahraga bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi sakit punggung bagian tengah pada wanita. Namun tidak semua olahraga bisa mengatasi rasa sakit yang kamu rasakan.

Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah pose yoga untuk sakit punggung tertentu, berenang, dan juga berjalan kaki.

Jika masih merasa kurang, cobalah untuk melakukan bridges dan planks untuk melatih otot perut dan punggung.

5. Periksa ke Dokter

Jika semua cara sudah kamu lakukan namun rasa nyeri tersebut tidak hilang atau justru bertambah parah, maka inilah saat yang tepat untuk periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosa dan mengatasinya sebelum semakin parah.

Itulah beberapa penyebab sakit punggung bagian tengah pada wanita serta cara mengatasinya. Jika sakit punggung yang kamu rasakan masih terasa hingga lebih dari 72 jam, maka jangan lagi menunda-nunda dan segera periksakan ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading