Sukses

Health

5 Cara Membersihkan Nanah Pada Luka di Tubuh

Fimela.com, Jakarta Terkadang akan ada banyak jenis luka yang terjadi pada bagian tubuh, tentu cara terbaik untuk meredakannya adalah membersihkan luka tersebut. membersihkan luka maupun nanah tentu agar tidak berakibat infekasi dan melakukannya dengan benar.

Pernah mengalami bagian tubuh yang terdapat nanah? Nanah sendiri merupakan salah satu cairan kental yang berwarna putih kekuningan, hijau, bahkan cokelat. Biasanya nanah memiliki aroma yang cukup tak sedap dan tak nyaman.

Adanya nanah sendiri dapat bermula pada infeksi bakteri melalui kulit yang sudah terluka atau terkadang dapat disebabkan oleh kebiasaan yang tidak higienis. Berikut beberapa cara membersihkan nanah pada luka yang dapat kamu lakukan:

1. Mencuci Tangan

Langakh pertama yaitu dengan mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air. Siapkan sarungan tangan sekali pakai jika memungkinkan, hal ini agar memastikan tangan tetap bersih dan steril.

2. Menekan Luka dengan Tekanan Lembut

Ambil kain yang bersih atau menggunakan kasa agar steril untuk menekan pada luka dengan lembut serta berhati-hati. Pastikan nanah terbuka da cairannya keluar, pastikan selalu mengganti kassa agar kotoran tidak menyebar.

3. Bilas Menggunakan Air

Untuk menghilangkan kotoran kamu dapat membersihkan luka atau membilasnya menggunakan air jernih yang mengalis. Gunakan waslap yang lembut dan sabun untuk membersihkan sekitar luka.

4. Menggunakan Krim atau Salep Antibiotik

Gunakanlah antibiotik pada bekas luka agar membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah adanya infeksi pada luka. Selain itu antibiotik juga dapat meningkatkan proses penyembuhan alami pada luka di bagian tubuh.

5. Perban Luka

Jika nanah terlalu kecil kamu cukup membersihkannya menggunakan antibiotik sebagai step terakhirnya, akan tetapi jika terlalu besar kamu dapat perban luka tersebut. hal ini dapat dilakukan untuk membantu mencegah adanya kuman.

Terkadang luka yang ringan akan membutuhkan waktu hingga satu minggu untuk sembuh, sedangkan luma yang berat membutuhkan perawatan yang cukup lama. Ketika memiliki luka pada bagian tubuh atau nanah tentu penting untuk embantu mencegah infeksi dengan membersihkannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading