Sukses

Health

Penyebab Kaki Linu pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang sudah menikah, kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Kehadiran buah hati adalah hal yang paling dinantikan oleh semua calon orang tua.

Kehamilan tentunya jadi kabar yang menggembirakan bagi pasangan yang telah lama menunggu buah hati. Kehamilan kemudian dianggap berkaitan dengan kebahagiaan. Namun nyatanya proses kehamilan tidak semudah dan semenyenangkan yang diperkirakan.

Banyak ibu hamil yang mengeluh merasa nyeri di beberapa bagian tubuhnya selama menjalani kehamilan. Misalnya di bagian punggung dan kaki. Banyak yang mengeluhkan merasa linu atau nyeri di bagian tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah karena setiap hari mengangkat beban berat yaitu calon buah hati yang ada di kandungan. Itulah kenapa ibu hamil dilarang beraktivitas terlalu berat karena bisa membahayakan kesehatan dirinya sendiri dan janin yang sedang dikandungnya.

Sebenarnya ada beberapa hal selain hal yang disebutkan di atas yang menjadi penyebab kaki linu pada ibu hamil. Simak beberapa hal yang menjadi penyebab kaki linu pada ibu hamil dan cara mengatasinya.

Penyebab Kaki Linu pada Ibu Hamil

1. Kekurangan kalsium

Kekurangan kalsium bisa menjadi penyebab kaki linu pada ibu hamil. Hal ini sering tidak disadari oleh ibu hamil karena hanya menduga sebagai kelelahan biasa. Kalsium tidak hanya penting untuk tubuh ibu tapi juga janin dalam kandungan. Kalsium yang dikonsumsi oleh ibu akan diserap oleh janin untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

2. Kekurangan vitamin B

Kekurangan vitamin B juga bisa menjadi penyebab kaki linu pada ibu hamil. Kekurangan vitamin B pada ibu hamil tidak hanya membuat kaki jadi linu, namun juga bisa menyebabkan morning sickness yang parah.

3. Kekurangan vitamin D

Tidak hanya kekurangan kalsium dan vitamin B, penyebab kaki linu pada ibu hamil bisa terjadi karena kekurangan vitamin D. Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh ibu untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kemudian nutrisi ini juga dibutuhkan janin untuk pertumbuhan tulang, gigi dan sistem syaraf.

4. Gejala Osteoarthritis

Penyebab kaki linu pada ibu hamil bisa jadi karena menderita gejala penyakit osteoarthritis. Penyakit ini sebenarnya sangat jarang menyerang ibu hamil. Penyakit ini paling sering terjadi pada wanita lanjut usia. Namun dalam kondisi tertentu ketika kamu sudah sering hamil, maka kadar kalsium dalam tulang akan terus menurun. Kemudian menyebabkan sendi tubuh kehilangan kalsium dan bisa merusak pada bagian persendian.

5. Usia kehamilan

Usia kehamilan yang dianjurkan adalah antara umur 25 sampai 35 tahun. Jika lebih dari usia tersebut maka fisik seorang perempuan sudah semakin melemah. Fisik yang melemah inilah yang kemudian jadi penyebab kaki linu pada ibu hamil. Hamil pada usia tua juga beresiko tinggi seperti keguguran, preeklampsia, cacat janin dan prematur.

Cara Mengatasi Kaki Linu pada Ibu Hamil

1. Penuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin

Salah satu penyebab kaki linu pada ibu hamil adalah kekurangan kalsium dan vitamin B dan D. Cara mengatasinya adalah dengan memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin B dan D. Jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandunganmu agar kamu mendapatkan kalsium dan vitamin sesuai dengan yang kamu butuhkan.

2. Aktif

Meskipun sedang hamil, namun kondisi tersebut jangan sampai menghalangimu untuk tidak beraktivitas. Kamu tetap harus beraktivitas namun jangan sampai berlebihan. Cobalah untuk aktif berjalan kaki di sekitar rumah sebentar saja. Hal ini bisa membantumu mengatasi kakimu yang terasa linu karena kehamilan.

3. Periksakan ke Dokter

Salah satu penyebab kaki linu pada ibu hamil adalah penyakit osteoarthritis. Meskipun penyakit ini jarang menyerang ibu hamil, namun tidak ada salahnya untuk waspada. Oleh karena itu, segera konsultasikan kepada dokter kandunganmu agar segera tertangani.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kaki linu pada ibu hamil. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading