5 Tips Diet Sehat Tanpa Makan Nasi Tapi Tetap Kenyang

Febi Anindya Kirana05 Okt 2022, 18:15 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 18:15 WIB
diet salad sayur chick peas

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali metode atau cara diet yang bisa dijalani dan diikuti untuk menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yang cukup populer adalah diet sehat tanpa makan nasi. Nasi selalu menjadi salah satu masalah utama kegemukan karena kandungan kandungan dan gulanya yang tinggi sedangkan seratnya yang rendah. Itulah mengapa banyak orang ingin mencoba diet tanpa makan nasi agar bisa lebih efektif menjalankan menurunkan berat badan atau menjaga gula darah.

1. Perbanyak makan serat

diet sayuran
ilustrasi perempuan makan sehat/1112000/Shutterstock

Serat adalah salah satu komposisi makanan yang sangat baik dalam menjaga perut kenyang lebih lama karena butuh waktu untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Serat juga sangat bagus dalam melancarkan pencernaan agar tidak mudah mengalami sembelit atau diare. Beberapa makanan kaya serat yang patut dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti nasi seperti sayuran dan buah-buahan.

2. Rutin minum air putih

makan sehat buah sayur diet
ilustrasi perempuan jaga kesehatan/Nattakorn_Maneerat/Shutterstock

Jangan lupa minum banyak air putih, paling tidak 8 gelas setiap harinya karena itu sangat membantu dalam mengurangi nafsu makan, membantu usus mencerna makanan yang masuk ke tubuh menjaga kerja organ secara optimal. Seringkali, ketika kita tidak makan nasi, maka tubuh akan craving sesuatu yang manis sebagai pengganti. Jadi untuk mencegahnya, alihkan dengan banyak minum air putih. Selain tidak memiliki kalori, air putih juga membantu mencegah dehidrasi selama diet.

3. Perbanyak konsumsi protein

diet menurunkan berat badan
ilustrasi diet/copyright by Isarat (Shutterstock)

Ada dua sumber makanan yang menjadi bahan bakar utama energi, yaitu karbohidrat dan protein. Jika kamu ingin menjalankan diet tanpa makan nasi, maka sebaiknya kamu mengganti karbohidrat dari nasi dengan protein. Pilihan paling baik adalah mengonsumsi protein dari berbagai sumber, baik nabati maupun hewani. Beberapa makanan kaya protein yang bisa mengeyangkan seperti tahu, tempe, telur, dada ayam, dan ikan.

4. Sediakan makanan pengganti nasi

diet makan sehat sayur buah
ilustrasi diet/copyright by Beboopai (Shutterstock)

Terkadang jika kamu makan terlalu banyak protein untuk mengganti nasi juga tidak baik karena protein cukup sulit dipecah dan diuraikan di dalam sistem pencernaan sehingga rentan menimbulkan sembelit jika dikonsumsi terlalu banyak. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengombinasikannya dengan karbohidrat lainnya yang kompleks sebagai pengganti nasi seperti oats, jagung, ubi, kentang, singkong, beras merah, olahan umbi porang (shirataki/konyaku) dan lain sebagainya.

5. Ngemil kacang-kacangan

kacang
ilustrasi kacang/copyright Rawpixel

Ketika kamu diet tanpa makan nasi, bisa saja kamu akan tetap tergoda untuk ngemil meskipun perut sudah kenyang. Untuk menghindari keinginan makan camilan manis, siapkan camilan sehat seperti kacang-kacangan, kuwaci, dan biji-bijian yang renyah dan mengenyangkan. Ketika kebutuhan ngemil juga diperhatian dan dipenuhi oleh tubuh, kamu tidak akan tertekan selama menjalani diet sehat tanpa nasi.

Itu dia sekian tips diet sehat tanpa makan nasi yang bisa kamu terapkan jika berniat menjalani diet tanpa nasi.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela