Sukses

Health

5 Cara Mencegah dan Mengatasi Masuk Angin di Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang cukup ekstrem seperti sekarang ini membuat suhu menjadi lebih rendah dari biasanya. Intensitas hujan pun semakin tinggi dan hal ini bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan. Saat cuaca lebih dingin, ini bisa meningkatkan risiko masalah masuk angin atau jika dalam istilah medis di negeri barat dikenal dengan flu atau cold sebagai gejala demam (tidak enak badan).

Mengutip dari laman healthline.com, gejala demam atau masuk angin ini muncul akibat penurunan daya tahan tubuh. Karena daya tahan tubuh menurun, orang yang sedang masuk angin pun jadi lebih rentan terserang infeksi maupun virus. Jadi, penting untuk melakukan pencegahan masuk angin serta cara mengatasinya dengan lebih tepat.

Berikut beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi masuk angin yang bisa Sahabat Fimela lakukan di rumah.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips yang pertama untuk mencegah sekaligus mengatasi masuk angin adalah dengan perbanyak konsumsi air putih. Sebaiknya konsumsi air putih kira-kira sebanyak 8 gelas setiap harinya. Akan lebih baik jika air putih dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Miliki Istirahat Cukup

Tips selanjutnya adalah miliki istirahat cukup. Pastikan untuk memiliki waktu tidur cukup di malam hari. Jika memiliki waktu untuk istirahat di siang hari, tidak ada salahnya kamu tidur sekejap misal selama 15 - 30 menit saat siang.

Cukupi Nutrisi Tubuh

Pastikan untuk mencukupi nutrisi tubuh. Makan makanan yang bergizi tinggi. Hindari segala makanan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh seperti makanan berlemak rendah protein, makanan cepat saji atau makanan kemasan. Sebaiknya konsumsi buah, sayur, makanan dengan protein, vitamin serta karbohidrat yang seimbang setiap harinya.

Jaga Kebersihan Makanan dan Lingkungan

Tips untuk mencegah dan mengatasi masuk angin selanjutnya adalah jaga kebersihan makanan dan lingkungan. Perlengkapan makanan sebaiknya juga dijaga dengan lebih baik kebersihannya.

Konsumsi Minuman Herbal

Sebaiknya juga konsumsi makanan yang bisa menghangatkan tubuh seperti wedang jahe, susu hangat atau sup daging. Aneka minuman herbal juga dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah serta mengatasi masuk angin. 

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi masuk angin di musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan untuk jaga kesehatan dengan sebaik mungkin mengingat cuaca yang tidak menentu.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading