Sukses

Health

Simak Beberapa Penyebab Menggigil Tiba-tiba yang Sering Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Menggigil adalah hal yang lumrah dialami. Menggigil terjadi ketika badan berusaha menaikkan suhunya agar kembali ke suhu normal. Umumnya menggigil terjadi jika tubuh merasa kedinginan. Apalagi jika cuaca sedang dingin, maka wajar jika dalam keadaan tersebut jadi sering menggigil.

Namun bagaimana jika sering menggigil tiba-tiba bahkan ketika tidak kedinginan? Ternyata menggigil bisa terjadi karena beberapa hal, tidak hanya karena kedinginan saja. Meskipun menggigil bisa teratasi dengan sendirinya, seperti dengan mengenakan pakaian yang hangat maka menggigil bisa langsung hilang, namun ternyata menggigil tidak boleh disepelekan begitu saja.

Menggigil bisa jadi merupakan gejala dari suatu penyakit serius. Apalagi jika kamu mengalami menggigil disertai demam. Nah jika sudah begitu kamu wajib waspada.

Nah ternyata menggigil tidak selalu karena kedinginan. Ada kondisi lain yang bisa menjadi penyebab menggigil tiba-tiba. Apa saja? Yuk simak penjelasan mengenai penyebab menggigil tiba-tiba berikut ini.

Penyebab Menggigil Tiba-tiba

1. Demam

Demam sebenarnya bukan penyakit, melainkan mekanisme sistem imun untuk melawan infeksi. Demam juga bisa terjadi saat organ tubuh mengalami peradangan atau reaksi alergi.

Kondisi ini bisa membuat badan menggigil. Terkadang, muncul gejala mirip flu meskipun tidak semua orang mungkin mengalaminya. Demam akan mereda dengan sendirinya. Namun kamu bisa mempercepat pemulihan dengan minum air putih dan obat demam yang dijual bebas.

2. Gula darah rendah (hipoglikemia)

Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia bisa menjadi penyebab menggigil tiba-tiba. Hal ini merupakan respons tubuh yang lazim setelah kamu tidak makan dalam waktu lama atau tubuh tidak dapat mengelola gula darah dengan benar.

Selain menggigil, gula darah rendah juga ditandai dengan tubuh berkeringat, penglihatan kabur, rasa menggelitik di sekitar mulut, jantung berdebar, hingga kejang pada kasus yang parah. Pengidap diabetes akan lebih sering mengalami badan menggigil akibat hipoglikemia, sebab tubuhnya tidak bisa menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Hipoglikemia pada pengidap diabetes juga dapat mengancam jiwa sehingga membutuhkan penanganan segera bila gejalanya parah.

3. Hilangnya efek bius setelah operasi

Ternyata hilangnya efek bius setelah operasi juga bisa menjadi penyebab menggigil tiba-tiba. Meski belum jelas penyebab pastinya, suhu tubuh bisa menurun selama operasi berlangsung.

Kamar operasi yang dingin juga bisa membuat suhu tubuh menurun. Begitu operasi selesai dan kesadaranmu mulai kembali, tubuh akan menyesuaikan suhunya ke angka normal sehingga menimbulkan efek menggigil.

Obat bius juga bisa memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur suhu. Oleh sebab itu, proses kembalinya suhu tubuh normal usai operasi bisa memakan waktu lebih lama.

4. Efek Obat-obatan

Obat-obatan terkadang dapat menimbulkan efek samping, termasuk membuat badan tiba-tiba menggigil. Bisa jadi penyebab menggigil tiba-tiba yang kamu alami adalah karena mengonsumsi obat-obatan, baik saat menggunakan obat-obatan bebas, suplemen, produk herbal, dan bahkan obat-obatan yang diresepkan dokter dengan dosis yang salah.

Segera beri tahu dokter atau apoteker yang memberikan obat-obatan jika kamu tiba-tiba menggigil. Dengan demikian dokter atau apoteker akan segera melakukan tindakan agar kondisi tersebut segera tertangani sebelum semakin parah.

 

 

Penyebab Menggigil Tiba-tiba

5. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme ditandai oleh ketidakmampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon dalam jumlah yang diperlukan guna melangsungkan metabolisme tubuh. Kondisi ini bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap suhu dingin sehingga membuat badan menggigil tiba-tiba. Selain menggigil, hipotiroid juga bisa memicu kenaikan berat badan, wajah bengkak, otot nyeri, kelemahan, sembelit, hingga kecenderungan mengalami depresi.

6. Kekurangan zat gizi

Penyebab menggigil tiba-tiba juga bisa berasal dari kurangnya zat gizi yang diperlukan tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bergizi, ketidakmampuan tubuh untuk menyerap zat gizi dengan baik, atau gangguan makan, seperti anoreksia.

Beberapa tanda tubuh kekurangan zat gizi antara lain kulit pucat, kelemahan, jantung berdebar, hingga siklus menstruasi yang tidak teratur pada wanita. Kekurangan gizi bisa menyebabkan komplikasi bila tidak segera ditangani.

7. Aktivitas Fisik yang Ekstrem

Aktivitas fisik ekstrem, seperti lari maraton, bisa memicu kenaikan suhu tubuh. Perubahan suhu tubuh inilah yang bisa membuat badan tiba-tiba menggigil.

Faktor cuaca juga bisa memengaruhi kondisi ini. Beraktivitas dalam cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi, sedangkan cuaca dingin bisa memicu hipotermia.

Itu dia penjelasan mengenai penyebab menggigil tiba-tiba. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading