Sukses

Health

Kenali Penyebab Morning Sickness yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Morning sickness merupakan sesuatu yang tak asing lagi bagi perempuan yang sedang hamil. Morning sickness atau mual dan muntah selama kehamilan menjadi sesuatu yang umum terjadi. Penelitian menemukan jika hampir 70% perempuan hamil mengalami morning sickness baik di kehamilan trimester pertama saja, kedua trimester atau bahkan ketiganya. 

Mengutip dari laman WebMD.com, morning sickness menandakan bahwa kehamilan sehat. Jadi Mom tak perlu khawatir ketika mengalami kondisi ini selama hamil. Meski morning sickness menandakan kehamilan yang sehat, kondisi ini bisa memengaruhi kesehatan janin dan ibu jika kondisi ini berlebihan. Morning sickness yang berlebihan bisa menghambat penyerapan nutrisi pada janin maupun ibu karena tidak menutup kemungkinan Mom yang mengalami morning sickness berisiko tidak nafsu makan. 

Mengenai morning sickness, ada beberapa penyebab umum darinya. Meski penyebab ini sering terjadi, nampaknya tidak banyak orang yang menyadarinya. Apa saja penyebab dari morning sickness?

Hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG)

Munculnya HCG atau Hormon Human Chorionic Gonadotrophin disinyalir sebagai salah satu penyebab morning sickness. Tubuh yang tak terbiasa dengan kehadiran hormon ini akan lebih rentan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Ini juga memungkinkan tubuh Mom lebih mudah merasa mual, muntah dan sakit selama kehamilan terutama di awal kehamilan yang mana kadar HCG dalam tubuh sedang tinggi-tingginya.

Hiperemesis Gravidarum (HG)

Ini juga merupakan salah satu penyebab dari morning sickness. Hiperemesis gravidarum adalah kondisi di mana Mom mengalami mual dan muntah secara berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena beragam faktor. Antara lain pertama kali hamil, sedang mengandung anak kembar, obesitas, memiliki riwayat HG di keluarga, menderita penyakit trofoblas.

Meningkatnya Hormon Estrogen

Kadar estrogen yang meningkat selama kehamilan juga menyebabkan morning sickness. Hormon esrogen bekerja melemaskan otot-otot rahim, yang bisa saja juga melemaskan otot di usus sehingga memicu mual, muntah dan rasa tidak nyaman di sistem pencernaan.

Stres, Lelah dan Konsumsi Makanan Tertentu

Morning sickness juga bisa terjadi karena stres, kelelahan dan konsumsi makanan tertentu selama kehamilan. Beberapa hal ini bisa memicu morning sickness yang lebih parah. Meningkatkan sensitivitas indera penciuman juga memperparah morning sickness selama kehamilan.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan morning sickness. Jika Sahabat Fimela sedang hamil dan mengalami morning sickness apalagi dalam kategori parah, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Cari solusi untuk meringankan morning sickness yang ada dan pastikan bahwa kesehatan janin serta Mom senantiasa terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading