Sukses

Health

Penting! 10 Cara Mudah Mengatasi Morning Sickness di Rumah

Fimela.com, Jakarta Morning sickness atau mual dan muntah selama kehamilan menjadi sesuatu yang umum terjadi. Para ahli menyebutkan jika kondisi ini menandakan bahwa kehamilan sehat. Meski begitu, morning sickness tetap terasa tidak nyaman dan bisa berpengaruh buruk bagi tumbuh kembang janin di kandungan pun kesehatan Mom yang sedang mengandung. 

Mengutip dari laman webMD.com, morning sickness adalah kondisi yang penting untuk diatasi agar tidak semakin parah. Ketika kondisi ini semakin parah, ini bisa menghambat tumbuh kembang janin di kandungan dan melemahkan sistem imun Mom. Saat morning sickness semakin parah, umumnya Mom akan lebih pemilih soal makanan. Beberapa bahkan tidak kuasa untuk makan atau sekedar minum air putih. 

Untuk mengatasi masalah morning sickness, ada beberapa hal yang bisa Mom lakukan di rumah. Apa saja hal tersebut? Simak yang berikut ini.

Tips Mengatasi Morning Sickness

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar morning sickness bisa diatasi dengan lebih baik atau setidaknya diredakan. Berikut beberapa hal tersebut. 

  • Makanlah beberapa biskuit atau roti panggang di pagi hari untuk membantu menenangkan perut. Konsumsi makanan yang ringan seperti biskuit akan membuat perut terasa nyaman meski telah terisi sejak pagi. 
  • Hindari makanan pedas dan berlemak. Walau pun Mom menyukai makanan berlemak dan pedas, sebaiknya hindari makanan ini selama hamil terlebih di kehamilan trimester pertama dan kedua. 
  • Makanlah makanan hambar seperti pisang, nasi, roti panggang kering, telur rebus, atau tahu. Makanan ini meski memiliki rasa hambar tapi tidak bikin mual dan muntah. 
  • Di antara waktu makan, cobalah makan makanan ringan atau pencuci mulut seperti yogurt, selai kacang, dan irisan apel. Kamu juga bisa makan kue dengan aroma seledri, keju, susu, atau kacang-kacangan.
  • Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Perbanyak minum terutama air mineral atau air putih. 
  • Hindari segala yang berbau menyengat, lampu yang berkedip-kedip, atau situasi lain yang mengganggu dan memicu mual. Hindari pula berada di keramaian jika kamu rentan merasa kesal dan mual akan keramaian. 
  • Buatlah teh jahe (parut asli) atau cobalah permen jahe.
  • Pastikan untuk memiliki istirahat yang cukup di siang hari maupun di malam hari. 
  • Jaga agar ruangan berventilasi baik. Bila perlu nyalakan kipas angin dan sesekali keluar ruangan atau rumah untuk mendapatkan udara yang lebih segar. Saat kamu berada di situasi yang menyegarkan, ini bisa mencegah mual dan muntah. 
  • Ciumlah aroma segar yang menenangkan seperti lemon, jeruk, atau daun mint.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness di rumah. Semoga tips ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading