Sukses

Health

Penting, Ini 4 Tips Mudah untuk Menambah Berat Badan Janin

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan selama hamil, salah satunya pola hidup Mom sehari-hari. Pola hidup sangat menentukan kesehatan Mom maupun janin di kandungan. Pola hidup juga akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan janin agar lebih optimal.

Berat Ideal Janin

Mengutip dari laman healthline.com, satu lagi yang penting diperhatikan saat hamil adalah menjamin janin memiliki berat badan ideal selama di kandungan hingga ia dilahirkan. Mom harus memperhatikan pola makan untuk menambah berat badan janin di setiap bulannya. Untuk berat badan bayi normal tidak kurang dari 2,5 kg saat lahir dan tidak lebih dari 4 kg. Kurang dari 2,5 kg, bayi bisa dikatakan mengalami BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) atau lebih dari 4 kg bayi dikatakan obesitas. 

Janin yang lahir dengan BBLR dan obesitas sangat berisiko mengalami masalah kesehatan. Ia juga rentan mengalami gangguan perkembangan serta pertumbuhan. Untuk mengetahui berat ideal janin, penting bagi Mom melakukan pemeriksaan rutin selama kehamilan. Dokter biasanya juga menyarankan Mom untuk menerapkan pola hidup lebih sehat atau memberi tips agar janin memiliki berat badan ideal.

Tips Menambah Berat Badan Janin Agar Lebih Ideal

Ada beberapa tips untuk menambah berat badan janin di kandungan. Tips ini juga bermanfaat untuk menjaga tumbuh kembang janin lebih optimal selama di kandungan. Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini. 

  1. Pastikan agar Mom memiliki pola makan yang bergizi dan seimbang. Konsumsi aneka makanan yang mengandung protein, serat, karbohidrat, vitamin dan aneka nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh Mom maupun janin. Selama makanan tidak berbahaya dan diperbolehkan dimakan oleh dokter, tidak apa jika Mom memakannya. 
  2. Konsumsi kacang-kacangan secara rutin. Kacang-kacangan bermanfaat menutrisi tubuh dengan baik. Ini juga bermanfaat menambah berat badan janin sekaligus membantu mempersiapkan produksi ASI sebelum persalinan. 
  3. Pastikan untuk konsumsi air putih atau cairan cukup setiap harinya. Sebaiknya hindari cairan atau minuman yang mengandung kafein, soda, pemanis berlebih dan alkohol selama kehamilan. 
  4. Konsumsi makanan ringan sehat di sela-sela waktu makan utama. Konsumsi makanan ringan sehat seperti buah, sayur rebus, kacang, atau roti gandum memiliki efek baik untuk tumbuh kembang janin di kandungan. 
  5. Kelola stres dengan baik selama kehamilan. Hindari memikirkan sesuatu secara berlebihan karena ini bisa berdampak buruk untuk janin. 
  6. Miliki istirahat cukup setiap harinya. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan demi mengoptimalkan tumbuh kembang janin di kandungan dan menjaga kesehatan Mom agar senantiasa prima. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading