4 Cara Alami Hilangkan Jamur Membandel pada Kulit, Mudah dan Terjangkau

Gloria Trivena May Ary07 Nov 2022, 15:27 WIB
Diperbarui 07 Nov 2022, 15:30 WIB
4 Cara Alami Hilangkan Jamur Membandel pada Kulit, Mudah dan Terjangkau

Fimela.com, Jakarta Munculnya jamur pada kulit merupakan sesuatu yang sangat umum terjadi pada manusia. Biasanya, kondisi seperti ini bisa terjadi pada area yang begitu lembab, seperti ketiak, lipatan kulit, bagian lipatan paha, dan bahkan area intim. Penyebabnya pun beragam, mulai dari bersentuhan langsung dengan orang atau hewan yang menderita infeksi, atau melakukan kontak dengan tanah yang terkontaminasi spora jamur.

Meski nggak dianggap berbahaya, namun keadaan seperti ini tentunya dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi para penderitanya. Nah, bila kamu mengalami hal serupa, jangan khawatir dulu. Karena, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Ingin tahu? 

1. Bawang Putih

4 Cara Alami Hilangkan Jamur Membandel pada Kulit, Mudah dan Terjangkau
(c) Shutterstock

Bahan alami yang satu ini sudah terkenal akan khasiatnya menyembuhkan berbagai infeksi. Hal tersebut termasuk pula dalam mengobati jamur membandel pada permukaan kulit. Bawang putih sendiri efektif untuk mengatasi berbagai jenis jamur, seperti Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus.

Cara menggunakan bahan ini tentu sangat mudah dilakukan. Kamu cukup menghancurkan beberapa siung bawang putih. Kemudian, campurkan dengan minyak zaitun atau kelapa. Setelah pasta tersebut sudah jadi, oleskan secara merata ke permukaan kulit yang terkena jamur. Tutup kurang lebih selama 2 jam dan kemudian bilas bersih menggunakan air. Jika kamu melakukan hal ini, maka jamur yang ada di kulit pun akan perlahan menghilang.

2. Cuka Apel

4 Cara Alami Hilangkan Jamur Membandel pada Kulit, Mudah dan Terjangkau
(c) Shutterstock

Menggunakan cuka apel sebagai obat penghilang jamur kulit juga bisa dipertimbangkan. Pasalnya, bahan ini diketahui memiliki kandungan anti-jamur yang tentunya bisa melawan infeksi berbagai jenis jamur, terutama Candida. Selain itu, cuka apel merupakan bahan yang bisa didapatkan secara mudah dan dengan harga yang terjangkau.

Untuk menggunakan bahan alami ini, kamu cukup mengoleskannya saja pada area kulit yang terkena jamur dengan menggunakan kapas. Jangan lupa pula untuk mengusapnya secara merata agar jamur yang ada bisa disembuhkan secara perlahan. Penggunaan cuka apel ini bisa dilakukan secara rutin selama tiga hari untuk dapatkan hasil yang nyata.

3. Kunyit

4 Cara Alami Hilangkan Jamur Membandel pada Kulit, Mudah dan Terjangkau
(c) Shutterstock

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat penghilang jamur adalah Kunyit. Rempah yang satu ini memiliki kandungan Curcumin yang ampuh bagi kesehatan, termasuk pula sebagai antimikroba. Dengan adanya fungsi tersebut, kunyit menjadi solusi berguna di kala jamur membandel mulai menyerang permukaan kulit.

Kamu bisa menggunakan bahan alami yang satu ini secara mudah. Cukup haluskan satu siung kunyit. Setelahnya, aplikasikan pasta tersebut pada area yang terkena jamur. Tunggulah hingga mengering dan kemudian bilas menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini dengan rutin agar jamur yang menginfeksi bisa segera terobati.

4. Minyak Kelapa

4 Cara Alami Hilangkan Jamur Membandel pada Kulit, Mudah dan Terjangkau
(c) Shutterstock

Selain digunakan sebagai bahan memasak, minyak kelapa juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jamur juga, lho. Ini karena asam lemak tertentu yang terkandung di dalamnya, memiliki fungsi untuk membunuh sel jamur dengan cara merusak membran selnya.

Untuk menggunakan bahan ini, kamu cukup mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang berjamur. Cara ini bisa dilakukan secara rutin selama tiga hari untuk mendapatkan kulit yang terbebas dari jamur. Selain menghilangkan jamur, minyak kelapa juga diyakini dapat melembabkan kulit dan memberikan efek pencerahan hingga level tertentu. 

Itu dia beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur yang gatal dan mengganggu kulit. Pastinya, agar nggak terkena infeksi jamur, penting pula bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan pada seluruh tubuh. Semoga bermanfaat.

What's On Fimela