Sukses

Health

5 Cara Mengatasi Kram Perut dan Sakit Perut yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Setiap orang yang mengalami sakit perut serta gangguan pencernaan dari waktu ke waktu, terutama setalah makan dan minum tentu akan merasakan hal yang tidak nyaman. Kondisi satu ini terkadang tak perlu perlu khawatirkan, karena beberapa cara pengobatannya dapat dilakukan di rumah.

Jika kamu pernah mengalami ras ategang yang tiba-tiba, tidak terkendali, dan tidak dapat dikenadlikan dari otot perut mungkin saja kamu mengalami perut kram. Terkadang perut yang kram tak hanya membuat seseorang tidak nyaman tetapi juga dapat membuat terluka.

Seringkali kram pada perut sendiri tidak menandakan hal yang serius dan terkadang tidak perlu didiagnosis, jika hal ini sering terjadi tentu akan menjadi masalah yang membahayakan. Berikut beberapa cara mengatasi kram pada perut yang perlu kamu tahu:

1. Minum Air Putih

Tubuh tentu membutuhkan air untuk mencerna serta menyerap berbagai nutrisi dari makanan dan minuman, dehidrasi sendiri akan membuat pencernaan menjadi kurang efektif dan lebih sulit dari biasanya sehingga menyebabkan sakit perut. Selain itu minum air putih sendiri dapat membantu mengurangi mulas yang sering dialami.

2. Mengompres dengan Air Hangat

Kamu dapat megompres perut dengan air hangat saat merasakan kram, karena hal ini sendiri dapat membantu otot perut menjadi lebih rileks. Selain itu hal ini juga dapat membantu jika perut yam kram disebabkan otot yang meregang seperti olahraga terlalu berat.

3. Mengonsumsi Teh

Dengan minum teh herbal sendiri seperti jahe maupun teh kayu manis dapat mengatasi perut yang kram, biasanya hal ini disebabkan oleh siklus menstruasi yang mempegaruhinya. beberapa bahan teh herbal sendiri dapat mengurangi perut kram maupun kembung yang mungkin terjadi kepadamu.

4. Obat-obatan

Beberapa oabt-obatan tentu dapat mengatasi kram perut yang terjadi, kamu dapat mengonsumsi beberapa obat seperti pereda nyeri maupun antibiotik yang ditemukan di apotek. Beberapa obat ini sendiri dapat mengatasi masalahmu serta dapat membuat perut menjadi nyaman kembali.

5. Mengonsumsi Jahe

Jahe sendiri dipercaya dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada beberapa orang yang hamil. Seseorang yang sakit perut biasanya juga dapat menambahkan jahe untuk mengatasi perut kram. Akan tetapi, ada beberapa yang pro dan kontra pada penambahan jahe pada minuman, pasalnya jahe sendiri memiliki dosis yang cukup besar dan dikahwatirkan akan memiliki efek samping.

Untuk mengatasi perut yang merasa kram sendiri kamu dapat melakukan beberapa tips dengan makan lebih lambat atau mengonsumsi makanan yang berlemak dan olahan. Sangat penting untuk minum lebih banyak air dan selalu olahraga yang teratur, tak perlu olahraga yang berat dengan olahraga ringan sendiri dapat terhindari dari masalah satu ini.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading