Sukses

Health

Sakit Kepala Setelah Keramas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela merasa pusing atau sakit kepala setelah keramas? Sakit kepala atau pusing bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satu hal tersebut adalah keramas. Ya, penelitian menemukan jika keramas menjadi salah satu faktor penyebab sakit kepala. Umumnya, kondisi ini dialami oleh perempuan yang memiliki rambut panjang. Tapi, bagaimana bisa keramas menyebabkan sakit kepala?

Sakit Kepala Setelah Keramas dan Penyebabnya

Sakit kepala setelah keramas disebut juga sebagai hair wash headache. Kondisi ini bisa terjadi selama 5 sampai 10 menit bahkan hingga 1 jam setelah keramas. Umumnya, kondisi ini juga dibarengi dengan mual, muntah dan perasaan tidak nyaman di perut. Tidak jarang kondisi ini juga membuat penderitanya tidak nyaman dengan sorotan cahaya. 

Ada beberapa penyebab kenapa kepala pusing setelah keramas. Adapun penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut. 

  • Suhu air yang terlalu dingin bisa menyebabkan pusing setelah keramas. Mengutip dari laman healthline.com, kulit kepala yang terkena air dingin atau suhu terlalu dingin membuat otak berpikir kamu mengalami hipotermia. Inilah yang memunculkan sinus paranasal. Inilah yang kemudian menyebabkan sakit sinus dan sakit kepala. 
  • Rambut basah yang terlalu lama bisa menyebabkan suhu di area kepala dan leher berubah. Perubahan suhu yang terlalu lama inilah yang kemudian memicu sakit kepala dan sinus hingga ke mata bagian belakang. 
  • Beberapa aroma sampo yang terlalu menyengat juga menyebabkan sakit kepala. Beberapa senyawa yang terkandung dalam sampo seperti Sodium lauryl sulfate, parfum atau wewangian, minyak atsiri alias essential oil dan paraben dipercaya bisa memicu sakit kepala. 

Mengatasi Sakit Kepala Setelah Keramas

Untuk mengatasi atau mengurangi sakit kepala setelah keramas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Lakukan istirahat cukup setelah keramas. Ini akan membantumu mengurangi risiko sakit kepala.
  • Hindari keramas setelah beraktivitas yang terlalu berat. Tubuh yang masih lelah dan berkeringat sebaiknya tidak langsung mandi apalagi keramas. 
  • Gunakan kompres air hangat di leher bagian kepala. 
  • Pijat lebih area kepala dan leher. 
  • Segera keringkan rambut. Rambut yang kering akan mengembalikan suhu di area kepala dan leher ke suhu yang normal. 
  • Ubah postur tubuh untuk menghilangkan tekanan di leher, kepala dan tengkuk. Jika kamu sedang duduk, sebaiknya ubah posisi ke berdiri, berbaring atau rebahan. 
  • Minum lebih banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. 
  • Ambil camilan kemudian makan secara perlahan. Ini akan membantumu lebih rileks. 
  • Carilah udara segar misal ke teras rumah atau jalan-jalan sebentar ke kompleks perumahan. Selain bantu meringankan sakit kepala, ini juga membuat suasana hati jadi lebih tenang. 
  • Hindari memakai penutup kepala setelah keramas apalagi saat rambut masih basah. Kondisi ini bisa memperparah sakir kepala yang kamu alami. 

Itulah sekian hal mengenai sakit kepala setelah keramas, penyebab dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading