Sukses

Health

Bisakah Scaling Gigi Dilakukan Sendiri di Rumah? Ini Kata Dokter Gigi

Fimela.com, Jakarta Walaupun kamu sudah rajin menyikat dan membersihkan gigi, wajar jika gigi mengalami penumpukan plak dan karang gigi. Pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk scaling bisa menghilangkan penumpukan ini.

Tapi, baru-baru ini beredar tren di media sosial yang memperlihatkan banyak orang melakukan scaling gigi sendiri di rumah. Scaling adalah proses menghilangkan karang gigi dan penumpukan plak dari gigi.

Scaling sangat penting untuk kebersihan mulut karena membantu menghilangkan bakteri dari gigi dan mulut secara keseluruhan. Seringkali plak akan mengeras pada gigi karena deposit mineral dan ini bukan sesuatu yang bisa dihilangkan dengan sikat gigi biasa.

Saat itulah scaler atau salah satu dari banyak benda logam runcing yang kamu lihat selama pembersihan gigi, digunakan untuk mengikis sisi dan belakang gigi untuk menghilangkan endapan. Scaling membantu mencegah radang gusi, bau mulut, dan kebersihan mulut secara keseluruhan.

 

 

Simak di sini penjelasan dari dokter gigi tentang tren scaling gigi sendiri di rumah, apakah direkomendasikan?

Biasanya, scaling ringan akan terjadi selama pembersihan dua tahunan yang disarankan. Tapi, ada orang yang membutuhkan lebih banyak karena mereka cenderung mendapatkan lebih banyak penumpukan, entah itu karena kimiawi air liur atau kebersihan mulut mereka di rumah.

Jika kamu sudah lama tidak ke dokter gigi atau cenderung mengalami penumpukan ekstra, saat itulah kamu mungkin mendengar tentang tren scaling gigi di rumah. Simak pendapat dokter gigi di sini.

Tonton video scaling gigi profesional dan kamu akan melihat seberapa banyak keterampilan dan teknik yang dibutuhkan, karena karang gigi keras dan berwarna putih kekuningan. Sulit mengetahui di mana penumpukan berhenti dan gigi yang sebenarnya dimulai, membuatnya sangat mudah untuk mengikis hal yang salah.

Belum lagi kamu menggunakan benda logam tajam, faktor lain yang membuat dokter gigi tidak merekomendasikan scaling gigi sendiri di rumah. Bahaya utama melakukan scaling gigi di rumah adalah kamu bisa melukai diri sendiri dan gusi.

Simak di sini penjelasan dari dokter gigi tentang tren scaling gigi sendiri di rumah, apakah direkomendasikan?

Hanya diperlukan satu slip scaler untuk menusuk gusi, scaler juga dimaksudkan untuk berada sedikit di bawah jaringan gusi, yang membutuhkan banyak ketelitian untuk melakukannya dengan benar dan tanpa rasa sakit atau cedera. Gigi juga bisa rusak.

Kamu bisa menghilangkan enamel atau merusak ikatan apapun yang mungkin karena ini adalah instrumen yang sangat tajam. Scaling gigi sendiri bisa berbahaya karena kamu mungkin juga tidak bisa membersihkan semua karang gigi dan plak dengan benar dari gigi, yang menyebabkan masalah gigi lebih lanjut.

Jika kamu menunggu kunjungan dokter gigi selanjutnya, ada banyak cara merawat gigi di rumah, tidak perlu scaling sendiri. Untuk mulut ekstra bersih, flossing secara teratur, menggunakan sikat gigi elektrik, menyikat lidah, dan menggunakan obat kumur untuk mencegah bakteri.

Tetap terhidrasi juga bisa membantu menjaga pH air liur, sehingga kamu cenderung tidak mengalami penumpukan sebanyak mungkin. Bagaimana, Sahabat FIMELA, masih berani scaling gigi sendiri di rumah?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading