Sukses

Health

Penyebab Kepala Sakit Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sakit kepala sebenarnya merupakan kondisi yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Biasanya sakit kepala terjadi karena stres atau hal lainnya. Sakit kepala juga bisa dibilang merupakan suatu kondisi yang cukup ringan dan bisa ditangani sendiri. Sakit kepala bisa diatasi menggunakan obat-obatan OTC (Over the Counter) atau bisa juga dengan istirahat yang cukup.

Meskipun bisa terbilang ringan, namun sakit kepala tidak bisa diremehkan atau dianggap enteng. Sakit kepala yang diabaikan dan tidak segera ditangani bisa membuat kondisi ini semakin parah bahkan bisa menjadi gejala suatu penyakit.

Sakit kepala yang masih ringan biasanya disebabkan karena tubuh yang kelelahan, kurang tidur, kurang minum air putih dan lain-lain. Kondisi ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Penyebab Kepala Sakit Sebelah Kiri?

1. Stress

Salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri yaitu stres. Ketika seseorang sedang mengalami stres maka tubuh akan melepaskan bahan kimia yang memiliki sifat "fight or fight".

Bahan kimia tersebut dapat membuat otot-otot menjadi tegang dan mengubah aliran darah yang keduanya menyebabkan sakit kepala di sebelah kiri. Oleh sebab itu, sebaiknya kendalikan stres dengan beristirahat atau melakukan relaksasi agar tubuh dan pikiran lebih tenang.

2. Minum Alkohol

Minum minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Hal ini dikarenakan minuman-minuman beralkohol mengandung etanol yang memicu sakit kepala karena dapat memperlebar pembuluh darah sehingga menyebabkan sakit kepala sebelah kiri.

Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi atau hindari mengonsumi minuman-minuman beralkohol seperti wine, bir dan sejenisnya untuk mencegah sakit kepala sebelah kiri.

3. Menunda Makan

Beberapa orang terkadang mengabaikan waktu makan mereka. Tak heran jika beberapa masalah terjadi akibat sering menunda makan. Salah satunya yaitu sakit kepala sebelah kiri.

Dilansir dari Honestdocs, otak membutuhkan gula (glukosa) dari makanan agar dapat berfungsi dengan optimal. Apabila Anda menunda-nunda waktu makan, maka gula darah akan menurun drastis. Hal tersebut dapat memicu munculnya sakit kepala sebelah kiri

Penyebab Kepala Sakit Sebelah Kiri Lainnya

4. Salah Posisi Tidur

Salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri yaitu salah posisi tidur. Beberapa orang tentu pernah merasakan nyeri di leher saat bangun pagi.

Hal tersebut terjadi karena salah posisi kepala saat tidur atau bantal yang tidak mendukung. Apabila ketegangan otot leher dirasakan di bagian kiri, maka dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah kiri.

5. Infeksi

Infeksi seperti flu yang kerap disertai dengan demam biasanya diikuti keluhan sakit kepala. Sementara, pada reaksi alergi dapat menimbulkan penyempitan pada saluran napas dan rongga sinus. Kondisi tersebut sering menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, adanya infeksi yang serius seperti ensefalitis dan meningitis juga dapat menyebabkan sakit kepala hebat di sebelah kiri.

6. Kurang Tidur

Meski kadang dianggap sepele, tapi kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Hal ini dikarenakan ketika ketika seseorang kurang tidur, maka hormon stres kortisol meningkat dan dapat memicu sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah kiri.

Seseorang yang memiliki gangguan tidur lebih berpotensi untuk mengalami sakit kepala sebelah kiri akibat kurang tidur. Oleh sebab itu, sebaiknya coba beberapa cara untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti berolahraga atau menghindari minuman yang mengandung kafein sebelum tidur.

7. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri Melebihi Dosis

Terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri seperti aspirin, naproxen, ibuprofen dan paracetamol dapat membuat gejala sakit kepala semakin parah. Apalagi jika kamu mengonsumsinya melebihi dosis.

Sebaiknya gunakanlah sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Kalau perlu konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Jika sakit kepala yang kamu rasakan tak kunjung membaik, sebaiknya segera temui dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat sebelum semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading