Sukses

Health

Apa Penyebab Leher Belakang Sakit? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Sakit leher sebenarnya merupakan kondisi yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Biasanya sakit leher terjadi karena stres atau hal lainnya. Sakit leher juga bisa dibilang merupakan suatu kondisi yang cukup ringan dan bisa ditangani sendiri. Sakit leher bisa diatasi menggunakan obat-obatan OTC (Over the Counter) atau bisa juga dengan istirahat yang cukup.

Meskipun bisa terbilang ringan, namun sakit leher tidak bisa diremehkan atau dianggap enteng. Sakit leher yang diabaikan dan tidak segera ditangani bisa membuat kondisi ini semakin parah bahkan bisa menjadi gejala suatu penyakit.

Sakit leher yang masih ringan biasanya disebabkan karena tubuh yang kelelahan, terlalu lama duduk, kurang minum air putih dan lain-lain. Kondisi ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Leher Belakang Sakit

1. Salah Posisi Tidur

Hal ini dapat terjadi akibat bantal yang digunakan saat tidur terlalu tinggi atau kepala miring ke arah bahu. Posisi tidur demikian dapat menyebabkan peregangan pada otot leher, sehingga ketika bangun tidur, otot pada leher akan terasa tegang. Tidak hanya bisa menyebabkan leher sakit saja, kesalahan posisi tidur juga bisa menjadi penyebab pengapuran tulang yang perlu dihindari.

2. Kurang Tidur

Tubuh memerlukan waktu untuk melakukan istirahat secara cukup. Kurangnya tidur akibat akitivitas yang berlebihan akan berdampak pada tubuh, terutama pada otot-otot. Melakukan pekerjaan di depan laptop tanpa beristirahat akan mengakibatkan otot leher belakang serta bagian punggung terasa nyeri. Selain itu, kurang tidur juga termasuk dalam penyebab sakit tulang belakang tengah yang mengganggu banget.

3. Stress

Seseorang dengan beban pikiran yang terlalu banyak, akan sangat rentan terhadap sakit leher belakang. Bahkan tidak hanya ketegangan pada bagian leher, namun juga pada bahu. Kamu akan mengalami psikosomatis, yakni kondisi yang terjadi akibat dari adanya tekanan dan pikiran yang berlebih.

4. Cedera

Leher adalah salah satu dari bagian tubuh yang sangat rentan terhadap cedera. Hal tersebut dapat disebabkan oleh bermacam-macam, misalkan akibat jatuh, kecelakaan mobil dan olahraga. Kondisi tersebut terjadi dimana otot dan ligamen leher dipaksakan untuk bergerak di luar kisaran normal mereka. Tulang leher yang retak akan mengakibatkan kerusakan sumsum tulang belakang.

Kondisi leher akibat kepala terhentak secara satu arah secara tiba-tiba disebut juga whisplash. Hal ini biasa terjadi saat melakukan olahraga. Efek dari kondisi tersebut yaitu sakit kepala, leher belakang terasa kaku, sakit leher serta gerakan leher terbatas.

5. Beban Berat

Salah satu dari penyebab leher belakang sakit adalah saat mengangkat beban terlalu berat di salah satu sisi lengan, terutama jika hal tersebut kamu lakukan dalam waktu yang lama. Selain leher, hal tersebut akan membuat bahu dan lengan menjadi kurang nyaman. Kondisi sakit leher belakang yang diakibatkan oleh hal ini tidak berlangsung lama, dimana biasanya hanya terjadi antara 1 hingga 2 hari saja.

Penyebab Leher Belakang Sakit Lainnya

6. Kurang Olahraga

Kurangnya aktivitas seperti olahraga akan menjadi salah satu penyebab leher belakang sakit. Hal tersebut dikarenakan otot tubuh menjadi kurang begitu fleksibel dan elastis. Oleh karena itu, ada baiknya jika paling tidak melakukan olahraga ringan setiap pagi maupun sore, misalkan dengan melakukan sedikit pereganganyang fokus pada semua anggota tubuh, tidak hanya leher saja.

7. Tekanan Darah Tinggi

Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi, maka hal tersebut akan mengakibatkan sakit pada leher, dimana leher akan tegang, kaku serta kencang. Hal tersebut diakibatkan karena peredaran darah di bagian leher belakang mengalami gangguan sehingga menyebabkan kontraksi otot leher tidak bekerja secara optimal.

8. Kolesterol Tinggi

Tidak hanya tekanan darah, kadar kolesterol yang meningkat akan dapat mengakibatkan leher belakang terasa sakit dan kencang. Selain itu, kolesterol yang tinggi juga dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang mematikan, terutama jika kolesterol jahat mulai menyerang.

9. Tetanus

Penyakit ini terjadi karena adanya luka gores atau tusuk oleh benda yang sudah terkontaminasi kotoran, tanah maupun debu yang mengakibatkan si penderita mengalami kejang sekaligus kontraksi otot yang begitu hebat dan dapat menyerang bagian susunan saraf, tak terkecuali pada bagian leher

Itulah beberapa penyebab leher belakang sakit yang kamu alami. Lebih baik lagi jika kamu konsultasikan kepada dokter agar penyebabnya dapat diketahui secara pasti dan bisa mendapatkan penanganan yang tepat sebelum semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading