Sukses

Health

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Sakit telinga sebenarnya merupakan kondisi yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Biasanya sakit telinga terjadi karena stres atau hal lainnya. Sakit telinga juga bisa dibilang merupakan suatu kondisi yang cukup ringan dan bisa ditangani sendiri. Sakit telinga bisa diatasi menggunakan obat-obatan OTC (Over the Counter) atau bisa juga dengan istirahat yang cukup.

Meskipun bisa terbilang ringan, namun sakit telinga tidak bisa diremehkan atau dianggap enteng. Sakit telinga yang diabaikan dan tidak segera ditangani bisa membuat kondisi ini semakin parah bahkan bisa menjadi gejala suatu penyakit.

Sakit telinga bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja? Yuk simak penjelasannya serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Sakit Telinga Bagian Dalam

1. Infeksi Telinga

Infeksi telinga adalah penyebab paling umum dari sakit pada bagian telinga dalam. Infeksi bisa terjadi di bagian telinga mana saja, termasuk di telinga tengah dan telinga bagian dalam. Penyebab infeksi di telinga tengah biasanya adalah bakteri atau virus yang sering diakibatkan oleh penyakit lain, seperti pilek, flu, atau alergi. Selain sakit telinga, gejala lain yang bisa terjadi, antara lain demam dan keluarnya cairan dari saluran telinga.

2. Tinnitus

Tinnitus ditandai dengan suara berdenging di dalam telinga dan bukan berasal dari luar tubuh. Kondisi tersebut dapat muncul akibat pertambahan usia, sering mendengar suara kencang, infeksi telinga, cedera kepala atau leher, dan konsumsi obat tertentu.

3. Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada salah satu telinga ini disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan di telinga bagian dalam. Pusing yang datang secara tiba-tiba atau vertigo dan tinnitus adalah dua gejala utama penyakit Meniere.

Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang dewasa dan paruh baya. Penyakit Meniere dapat ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi.

4. Barotrauma telinga

Barotrauma telinga adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan udara atau air saat seseorang mendaki gunung, bepergian dengan pesawat, atau menyelam di kedalaman tertentu.

Gejala utama barotrauma telinga adalah hilangnya pendengaran, telinga terasa nyeri, dan kepala pening. Sakit telinga ini dapat ditangani dengan mengunyah permen karet, menguap, atau mengonsumsi obat dekongestan.

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit telinga.

  • Aplikasikan kompres hangat pada telinga yang sakit.
  • Berdiri atau menjaga kepala tetap tegak saat duduk yang bisa membantu meringankan tekanan telinga.
  • Gunakan obat tetes telinga yang dijual bebas.
  • Kunyah permen karet untuk membantu meredakan tekanan.
  • Berkumur dengan air garam. Cara ini bisa membantu membersihkan saluran eustachius (saluran yang menghubungkan ruang di telinga tengah dengan tenggorokan dan bagian belakang rongga hidung) dan meredakan sakit telinga.

Jika sakit telinga yang kamu alami tak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter. Nantinya dokter akan memberikan diagnosa sesuai dengan keluhanmu dan juga memberikan penanganan sebelum sakit tersebut semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading