Tipe Tubuh bukan Tren, Bagaimana Narasi tentang Kurus Justru Berbahaya bagi Citra Tubuh

Annissa Wulan06 Des 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 06 Des 2022, 19:30 WIB
Tipe Tubuh bukan Tren, Bagaimana Narasi tentang Kurus Justru Berbahaya bagi Citra Tubuh

Fimela.com, Jakarta Sampai sekarang, masih banyak standar kecantikan yang tidak realistis. Banyak diet iseng dan model dengan tubuh yang dianggap terlalu besar, yang menyebabkan orang-orang terobsesi melakukan segala hal untuk mendapatkan tampilan yang sama.

Tipe tubuh masih menjadi bagian yang abu-abu sampai sekarang. Beberapa waktu lalu, dilaporkan lagi tubuh kurus yang ekstrem setelah Kim Kardashian mengaku kehilangan 16 pound dalam dua minggu untuk Met Gala, seperti dilansir dari glamourmagazine.co.uk.

Hal ini kemudian dikaitkan dengan penyebaran narasi yang meresahkan, tipe tubuh yang sedang menjadi tren. Yang jelas adalah tipe tubuh bukan tren.

Selain dari fakta yang jelas bahwa narasi ini bisa memberi anggukan pada obat yang berbahaya dan sangat adiktif, narasi ini juga mengirimkan pesan bahwa merampas nutrisi tubuh demi tampil menarik di masyarakat, bisa diterima. Implikasi dari penggunaan obat-obatan dan atau jarum untuk mencapai tubuh ideal juga merusak, terutama sekarang karena obat diabetes telah menjadi alat umum untuk menurunkan berat badan.

 

Narasi tentang tubuh kurus yang bisa membahayakan citra tubuh

Tipe Tubuh bukan Tren, Bagaimana Narasi tentang Kurus Justru Berbahaya bagi Citra Tubuh
ilustrasi perut rata diet/Photo by Bill Oxford on Unsplash

Beberapa ahli percaya bahwa "body positivity" tidak terlalu berdampak atau menyakinkan, karena cita-cita kurus tidak pernah benar-benar hilang. Ini hanya berubah bentuk selama bertahun-tahun. Cita-cita kurus akan ada selama ada sesuatu untuk dijual.

Selain itu, tren "what I eat in a day" bisa berbahaya secara tidak sengaja. Generasi muda mulai terobsesi dengan rutinitas, seperti diet defisit kalori, ditambah tren lain yang sebenarnya menyebabkan pola makan tidak teratur dan harga diri, serta citra tubuh yang buruk.

Tidak seperti pakaian dan aksesori, tipe tubuh tidak bisa dicoba dan dibuang. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengatasi bias internal kita sendiri.

Periksa lagi hubungan kita dengan tubuh sendiri dan pesan berbahaya apa yang telah kita serap tentang ukuran, berat, dan bentuk tubuh. Pastikan mengingatkan diri sendiri dan orang lain bahwa tubuh bukanlah tren.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela