Sukses

Health

5 Cara Mengatasi Rasa Gatal di Tenggorokan yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Tenggorokan yang terasa sangat gatal merupakan salah satu kondisi yang dapat membuat seseorang mengalami sulit untuk berbicara maupun menelan karena adanya iritasi fisik. Ada banyak penyebab yang membuat tenggorokan sangat gatal dan membuat seseorang merasakan kondisi yang tidak nyaman.

Semua potensi dari penyebab tenggorokan iritasi sama halnya akan membuat tenggorokan yang terasa sangat gatal, kering, dan perih. Biasanya tenggorokan yang terasa sangat gatal dapat sembuh dalam waktu seminggu, tetapi ada baiknya mengobati sakit tenggorokan untuk mengurangi gejalanya.

Tujuan dari pengobatan tenggorokan adalah untuk mengurangi rasa yang tidak nyaman dan nyeri. Jika kamu mengalami tenggorokan yang gatal, berikut beberapa cara mengobatinya yang perlu kamu tahu:

1. Teh

Tetap terhidrasi penting untuk membantu tubuh serta tenggorokan cepat sembuh, mendapatkan ukup cairan juga dapat membantu menjaga selaput lendir akan tetap bersih selain itu hal ini juga mencegah penumpukan yang tidak nyaman di bagian tenggorokan. Dengan minum teh hangat merupakan cara termudah untuk tetap terhidrasi sekaligus dapat berpotensi mengurangi iritasi tenggorokan.

2. Madu

Teh panas dan madu sering dijadikan obat yang dapat meredakan batuk maupun sakit tenggorokan. Minum madu hangat ternyata dapat meredakan iritasi dibagian tenggorokan, selain itu terkadang hal ini dapat menjadi masalah saat diberikan ke anak dibawah umur.

3. Humidifier

Jika tenggorokan terasa sangat gatal yang disebabkan oleh udara kering maupun alergi, ternyata pelembab udara dapat membantu. Meningkatkan kelembaoan udara dapat membuat tenggorokan tidak terlalu kering saat bernapas, selain itu hal ini juga dapat membantu menjaga agar lendir tidak mengering dan mengiritasi dibagian belakang tenggorokan.

4. Minuman Dingin

Minuman yang hangat memang sangat membantu menenangkan rasa sakit tenggorokan, akan tetapi ternyata suhu dingin atau minuman yang dingin dapat membuat tenggorokan mati rasa. Minuman yang sangat dingin ternyata juga dapat membantu, selain itu agar  tetap terhidrasi sekaligus mengurangi rasa sakit atau gatal yang dirasakan.

5. Berkumur dengan Air Garam

Obat kumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk tenggorokan yang terasa sangat gatal atau sakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Masukkan garam ke dalam air hangat dan buat berkumur selama beberapa hari sekali.

Tidak setiap sakit tenggorokan maupun tenggorokan yang gatal dapat hilang dengan sendirinya, terkadang tenggorokan yang terasa sangat gatal merupakan salah satu pertanda adanya masalah yang lebih serius seperti radang tenggorokan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading