5 Penyebab Jari Tangan Kram yang Bikin Tak Nyaman

Vania Al kautsar27 Nov 2022, 11:05 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 11:05 WIB
Tangan - Vania

Fimela.com, Jakarta Kram pada jari tangan tentu sangat tidak nyaman, terkadang masalah satu ini dapat disebabkan oleh adanya kejang otot yang digambarkan sebagai kontraksi otot yang tidak terkendali atau tidak disengaja. Saat tangan kamu kram mungkin akan kesulitan untuk mengepalkan tangan atau menyatukan jari-jari.

Kejang atau kontraksi satu ini tidak memungkinkan otot menjadi rileks dan terkadang dapat menyiksa dalam beberapa kasus. Terkadang, masalah satu ini tidak perlu kamu khawatirkan karena beberapa akan mereda dengan sendirinya. Gejala yang paling umum dari tangan atau jari kram adalag kesemutan maupun mati rasa.

Jika kamu merasakan kejang di area lainnya seperti lengan, wajah, maupun leher dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius. Selain itu kram pada jari tangan dapat terjadi karena berbagai macam alasan yang menyebabkan ketidaknyamanan, berikut beberapa penyebabnya yang perlu kamu tahu:

1. Magnesium yang Rendah

Tangan - Vania
Ilustrasi Tangan/https://www.shutterstock.com/Sruilk

Magnesium akan membantu mempertahankan tulang yang kuat dan mengendurkan otot, selain itu mineral satu ini dapat membantu mencegah kram otot termasuk kram tangan maupun sindrom kaki gelisah. Jika tubuh kekurangan magnesium mungkin akan mengalami beberapa gejala di bawah ini:

  • Kelelahan.
  • Pms dan kram menstruasi.
  • Sakit kepala.
  • Asma.
  • Insomnia.

2. Dehidrasi

Penyebab Sembelit yang Paling Umum
Ilustrasi Dehidrasi Credit: pexels.com/Daria

Jika tidak cukup air, mungkin akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat terjadi ketika tubuh kekurangan air yang cukup untuk berfungsi dengan baik, selain itu dehidrasi juga dapat mempengaruhi fungsi otot serta menyebabkan kram. ‘emskipun dehidrasi lebih mungkin terjadi saat suhu panas, akan tetapi hal ini juga dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi tanpa asupan air yang tepat di suhu dingin. Berikut beberapa gejala dari dehidrasi yang perlu kamu tahu:

  • Bau mulut.
  • Demam.
  • Kulit kering.
  • Sakit kepala.

3. Sirkulasi yang Buruk

Telapak Tangan - Vania
Ilustrasi Telapak Tangan/https://www.shutterstock.com/Parkin Srihawong

Sirkulasi yang buruk dapat terjadi ketika tubuh kekurangan aliran darah yang cukup, selain itu sirkulasi juga dapat mengirimkan darah, nutrisi, serta oksigen ke seluruh tubuh. Mungkin kamu akan merasakan sirkulasi di bagian tangan, lengan, maupun, kaki. Berikut beberapa gejalanya yang perlu kamu tahu:

  • Rasa sakit.
  • Rasa geli.
  • Mati rasa.

4. Carpal Tunnel Syndrome

Tangan - Vania
Iustrasi Tangan/https://www.shutterstock.com/leungchopan

Salah satu sindrom ini dapat terjadi ketika saraf yang berjalan dari lengan bawah ke telapak tangan dikompresi, selain itu saraf dapat berada di dalam terowongan karpal yang terdiri dari tulang tepat di bawah tangan. Jika kamu mengalami hal satu ini dapat mengompres yang disebabkan oleh penebalan atau pembengkakan tendin yang teriritasi.

5. Sindrom Tangan Kaku

Tangan - Vania
Ilustrasi Tangan/https://unsplash.com/Nadin Mario

Sindrom tangan kaku juga dikenal sebagai sindrom tangan kaki diabeteik, merupakan komplikasi diabetes dimana terjadinya penebalan pada tangan yang mulai membatasi pergerakan jari. Seseorang dengan diabetes mungkin saja akan mengalami kram pada tangan karena sinrom tangan kaki.

Kram pada tangan maupun jari-jari sendiri merupakan salah satu hal yang jarang terjadi, terkadang kejang otot dapat terjadi jika tangan berasa dalam posisi canggung saat tidur atau memegang sesuatu dengan cara yang salah. Seringkali kram pada tangan dan jari dapat menjadi masalah, maka dari itu jika kamu mengalami hal satu ini dan beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela