Sukses

Health

7 Hal Baru yang Akan Dirasakan Ibu di Kehamilan Pertama

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Apalagi jika kehamilan ini adalah kehamilan pertama yang telah ditunggu cukup lama. Tak hanya membuat bahagia, kehamilan tidak jarang juga sering bikin panik, cemas dan khawatir. 

Ada banyak hal baru yang akan dirasakan ibu hamil khususnya di trimester pertama. Beberapa hal baru bahkan tidak jarang sering bikin senang dan bingung di waktu yang sama. Apa saja hal baru tersebut?

Hal Baru yang Dirasakan Ibu Hamil

Karena setiap ibu mengalami tanda hamil yang berbeda, bisa saja beberapa ibu hamil tak merasakan hal baru ini. Meski begitu, beberapa hal baru ini dinilai cukup unik dan mengesankan bagi setiap ibu hamil. 

  1. Perubahan mood. Ya, kehamilan menjadikan perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan hormon sendiri rentan membuat suasana hati cepat berubah. Suasana hati yang sebelumnya sangat baik bisa berubah jadi buruk dalam waktu sekejap. 
  2. Nafsu makan meningkat atau menurun. Kehamilan bisa berpengaruh pada nafsu makan. Yang semula sangat suka makan bisa saja jadi lebih pemilih ke makanan. Sedangkan yang biasanya pemilih pada makanan, akan lebih nyaman makan apa saja. 
  3. Payudara terasa nyeri seperti menjelang haid. Namun, rasa nyeri ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan saat menjelang haid. Selain nyeri, payudara juga terlihat lebih berisi dan besar.
  4. Indera penciuman jadi lebih sensitif. Beberapa ibu hamil lebih mudah merasa mual dan muntah karena indera penciumannya yang jadi lebih tajam.
  5. Dibandingkan sebelum hamil, kehamilan akan membuat Sahabat Fimela lebih sering buang air kecil. Ini terjadi karena kantung kemih mengalami tekanan dari rahim yang terus membesar, seiring bertambahnya usia kehamilan. 
  6. Ibu hamil akan mengalami perubahan kondisi kulit. Kulit bisa jadi lebih kering saat hamil. Kulit juga lebih mungkin jadi bersisik. 
  7. Perubahan yang paling mudah terlihat adalah perubahan berat badan. Selama kehamilan, berat badan akan terus meningkat hingga proses persalinan. Seusai melahirkan, beberapa perempuan bahkan menemukan berat badannya cukup sulit untuk turun atau kembali ke berat semula. Apalagi jika tidak didukung dengan olahraga dan pola hidup yang tepat. 

Itulah sekian perubahan atau hal baru yang dirasakan oleh ibu hamil. Untuk ibu hamil yang baru pertama, perubahan ini mungkin sering dinilai sebagai hal yang unik dan baru. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading