Sukses

Health

Enam Jenis Olahraga yang Cocok untuk Kamu yang Merasa Introver

Fimela.com, Jakarta Olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh bagi siapa saja. Berolahraga dalam kelompok sering jadi pilihan untuk bisa berbagi semangat dengan orang lain. Namun, bagi sebagian orang, justru merasa lebih bersemangat atau fokus saat olahraga sendirian, khususnya mereka yang introver.

Orang dengan kepribadian introver lebih senang berolahraga secara individu. Kegiatan olahraga yang tidak melibatkan interaksi dengan banyak orang, bisa menjadi pilihan, seperti berikut ini.

Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang membutuhkan ketenangan, hampir mirip dengan meditasi. Yoga bermanfaat untuk melatih pernapasan, menguatkan keseimbangan tubuh, merelaksasi otot-otot, melancarkan sirkulasi darah, meringankan mual, dan nyeri punggung.

Jenis olahraga ini sangat cocok untuk introver karena dapat dilakukan di tempat yang tenang dan biasanya terdapat musik pengiring untuk merelaksasi.

Pilates

Pilates bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh supaya tetap ideal. Pilates juga berguna membantu peredaran darah agar lancar. Sirkulasi darah yang lancar membuat nutrisi dan oksigen tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Pilates juga dapat dilakukan di rumah tanpa perlu datang ke pusat kebugaran, sehingga olahraga ini sangat cocok untuk mereka yang introver.

 

Jogging

Jogging

Jogging adalah salah satu kegiatan olahraga yang paling mudah dilakukan. Olahraga ini hanya bermodalkan kekuatan kaki untuk berlari dengan tempo yang ringan. Jogging adalah jenis olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat, meskipun terkesan ringan.

Jogging bisa dilakukan di mana saja tanpa memerlukan adanya alat penunjang tertentu. Jenis olahraga ini bisa dilakukan secara individu, sehingga sangat nyaman dilakukan oleh orang yang introver.

Bersepeda

Bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan secara individu. Bersepeda bermanfaat untuk membakar kalori pada tubuh secara maksimal apabila dilakukan secara rutin.

Semakin banyak energi yang dikeluarkan untuk bersepeda, maka semakin banyak kalori yang dibakar tubuh. Ini dihitung berdasarkan kondisi rute, kecepatan, dan waktu yang dihabiskan. Bersepeda dapat membakar sekitar 400-700 kalori per jam.

 

HIIT

HIIT

High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan latihan intensitas tinggi dan biasanya dilakukan bersama dalam sebuah kelompok besar. Namun demikian, olahraga yang bermanfaat mengurangi stres ini membuat semua orang sibuk mengatur napas, bahkan untuk sekadar berbicara pun menjadi hal yang sulit seusai melakukan HIIT. Maka dari itu, HIIT merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok buat orang introver.

Lari

Terdengar aneh karena memasukkan lari dalam daftar olahraga untuk kaum introver? Jawabannya iya bila tidak dipikirkan dengan cermat.

Harus diakui, terdapat orang yang lebih memilih berlari bersama teman atau dalam grup, tapi ada pula yang cenderung menjalaninya sendiri. Karena pada dasarnya, lari merupakan olahraga yang bisa dilakukan sendiri, maka para introver pun dapat menjalaninya dengan penuh konsentrasi.

Saat lari sendirian, orang introver pun tidak perlu bersosialisasi dengan yang lain. Apalagi, berkat kemajuan teknologi, lari kini bisa dilakukan secara virtual, sehingga menambah kenyamanan mereka yang merasa introver.

 

Lari Virtual

Berbicara tentang lari virtual, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bersama platform donasi online Ayobantu sedang mengadakan acara Misi Lestari bertema #Mission of the Ocean.

Misi Lestari merupakan kegiatan kolaboratif dalam upaya melestarikan bumi, dengan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli pada alam melalui aktivitas keseharian yang edukatif. Tema Mission of The Ocean selaras dengan gerakan global yang didorong Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Januari 2021, yang mendeklarasikan 'Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan 2021-2030' untuk mendukung upaya praktik pengelolaan perairan yang berkelanjutan.

Pada tahun 2022, Misi Lestari mengusung tema Mission of The Ocean (MOTO). Dalam misi ini, YKAN mengajak masyarakat untuk peduli laut dan menjaga kelestarian serta keanekaragaman biota laut Indonesia melalui kegiatan lari, yang diadakan secara hybrid. Kegiatan lari dipilih karena banyaknya minat pelari yang terus tumbuh di Indonesia selama masa pandemi.

Khusus untuk lari virtual, pelari diharuskan untuk menyelesaikannya dengan jarak 21 km di platform 99 virtual race dari tanggal 7 - 27 November 2022. Bagi kaum introvert yang tertantang untuk mengikuti acara ini, silakan daftarkan diri melalui tautan ayobantu.com/ campaign/moto. Sekadar informasi, harga pendaftaran ajang lari ini bervariasi, tergantung dengan kategori yang diambil.

Namun bagi yang ingin mencobanya secara langsung, siapkan diri untuk melaksanakan lari ini pada tanggal 27 November 2022 di Taman Waduk Tukad, Badung, Bali. 

Selanjutnya, bagi kamu yang tidak ingin mengikuti acara lari ini, namun masih peduli terhadap kelestarian aneka biota laut Indonesia, silakan berdonasi melalui website Ayobantu. Penggalangan dana akan terus dibuka hingga 31 Desember mendatang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading