Sukses

Health

Ketahui 7 Penyebab Mata Sakit Sebelah Kanan yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Mata adalah salah satu indera manusia yang punya peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, kesehatan mata harus dijaga agar tidak menganggu kegiatan sehari-hari.

Hal yang terlihat sepele kadang membuat kesehatan mata terganggu. Contohnya mengucek mata atau tidak sengaja menyentuh mata bisa membuat mata iritasi dan sakit.

Mata yang sakit memang terdengar sepele dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun sebenarnya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Mata merah yang terlalu lama bisa memengaruhi bagian tubuh yang lain jika tidak segera diobati. Kondisi mata yang sakit tentunya terasa tidak nyaman, apalagi jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Ternyata mata sakit bisa disebabkan karena beberapa hal. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari mata sakit:

Penyebab Mata Sakit Sebelah Kanan

1. Mengucek Mata

Ada sebagian orang yang terbiasa mengucek matanya walaupun tidak begitu gatal atau tidak bermasalah. Kebiasaan ini harus dihilangkan karena bisa mengganggu kesehatan mata. Tangan kita tidak selalu bersih apalagi setelah menyentuh berbagai permukaan barang, mata pun akan jadi lebih mudah iritasi dan sakit.

2. Terkena Debu

Ketika berada di luar ruangan, apalagi di jalanan, baik itu berjalan atau mengendarai sepeda motor, debu yang ada di jalanan pasti akan sangat mengganggu. Tak jarang orang akan kelilipan atau matanya terkena debu yang ada di sekitar tempat ia berjalan atau lewati.

Tak hanya menjadi sakit, terkadang mata pun menjadi terasa perih karena debu tersebut. Saat debu masuk ke mata, otomatis kamu akan cenderung ingin menguceknya karena seakan ada yang mengganjal sekaligus membuat gatal. Inilah yang kemudian membuat mata sebelah kanan, kanan atau keduanya menjadi sakit.

3. Pemakaian Obat Mata yang Salah

Mungkin saja karena terkena debu atau terasa gatal, kamu jadi terpikir untuk menggunakan obat mata untuk mengatasi mata yang gatal atau iritasi. Namun sebelum menggunakannya pastikan bahwa obat mata tersebut belum kadaluarsa. Tak hanya tanggal kadaluarsanya saja, tapi pastikan pula bahwa obat mata baru saja dibuka. Obat mata yang dibuka sudah cukup lama, apalagi yang telah kadaluarsa bisa menjadi penyebab mata sakit sebelah kanan.

4. Alergi

Penyebab mata sakit sebelah kanan adalah bisa jadi karena alergi. Reaksi alergi selalu menimbulkan gejala-gejala yang tak terduga, termasuk mata sakit, gatal dan terkadang bahkan bisa membengkak. Oleh karena itu, jika kamu merasa memiliki alergi, jauhi segala bentuk alergen yang berpotensi menimbulkan gejala alergi.

Penyebab Mata Sakit Sebelah Kanan

5. Mata Kering

Mata kering juga kerap menjadi penyebab mata sakit sebelah kanan. Mata kering adalah tanda bahwa mata sedang kekurangan nutrisi dan kekurangan kualitas serta kuantitas air mata. Hati-hati karena mata kering kronis bisa menyebabkan mata terinflamasi dan teriritasi.

Meski tak dapat sembuh dengan sendirinya, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan obat tetes mata yang tepat. Tentu hal ini akan jauh lebih baik kalau kamu sudah mengonsultasikannya dengan dokter mata.

 6. Mata Lelah

Penyebab mata sakit sebelah kanan bisa jadi adalah dikarenakan mata yang jarang beristirahat dan terus-terusan dipakai di depan gadget atau menonton televisi. Menatap layar TV dan komputer, entah itu untuk bekerja atau bermain membuat mata jarang berkedip, apalagi jiak dilakukan dalam waktu yang lama. Hal ini jugalah yang menjadi pemicu dari keringnya permukaan mata.

7. Tidak Cocok dengan Produk Makeup

Jika kamu menggunakan suatu produk riasan mata, kemudian mata menjadi mesakit, maka kemungkinan besar penyebab mata sakit sebelah kanan yang kamu alami adalah karena kamu tidak cocok dengan produk riasan mata yang kamu gunakan. Coba amati, jika setiap kamu menggunakan produk ini mata menjadi sakit, maka penyebabnya adalah produk tersebut dan coba mulai berhenti gunakan.

Itulah 7 penyebab mata sakit sebelah kanan. Sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut agar kesehatan matamu tetap terjaga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading