5 Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar30 Nov 2022, 12:50 WIB
Diperbarui 30 Nov 2022, 12:50 WIB
Selangkangan - Vania

Fimela.com, Jakarta Selangkangan yang gatal terkadang dapat disebabkan oleh adanya rambut setelah pencabutan pada area tersebut atau terkadang hal ini dapat menandakan adanya iritasi dari pakaian dalam yang sedang digunakan. Selangkangan yang terasa sangat gatal juga dapat menandakan adanya masalah pada kulit seperti kulit kering.

Jenis gatal pada selangkangan satu ini dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki, selain itu biasanya jika pada perempuan akan menimbulkan rasa gatal di area selangkangan maupun sekitar vagina. Gatal pada selangkangan maupun vagina sendiri dapat terjadi karena adanya kutu kemaluan yang merupakan salah satu kondisi yang kerap terjadi pada perempuan.

Sangat penting jika mengalami rasa gatal dan penyebab lainnya untuk pergi ke dokter untuk mengatasi masalah satu ini. Gejala yang memburuk juga sangat diperlukan untuk mengatasinya dengan beberapa hal, berikut beberapa penyebab selangkangan gatal dan cara mengatasinya:

1. Iritasi Pada Pakaian Dalam

Miss V - Vania
Ilustrasi Miss V/https://www.shutterstock.com/vimolsiri.s

Iritasi kulit atau dermatitis kontak merupakan salah satu penyebab utama dari gatal pada perempuan maupun laki-laki, selain itu ada banyak pakaian yang mungkin terbuat dari bahan sintesis yang terkadang dapat mengganggu aliran udara serta menyebabkan gatal maupun iritasi. Selain gatal, iritasi satu ini juga dapat menimbulkan beberapa gejala seperti kemerahan hingga kulit yang mengelupas.

Cara Mengatasi : Pada masalah satu ini kamu hanya perlu mengoleskan pelembab, mencuci pakaian dalam sebelum menggunakannya, serta menggunakan beberapa pakaian dalam yang memiliki bahan katun.

2. Gatal-Gatal

Miss V 2
Ilustrasi Miss V/https://www.shutterstock.com/New Africa

Jock itch merupakan salah satu penyebab utama gatal pada area selangkangan laki-laki, hal ini lebih sering terjadi karena kebanyakan laki-laki akan menghasilkan lebih banyak keringat dan memiliki lebih banyak rambut daripada perempuan yang membuat mereka rentan terhadap pertumbuhan jamur di area tersebut.

Cara Mengatasinya : Untuk menghentikan rasa gatal pada area selangkangan yang dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit, kamu perlu menemuinya ke dokter untuk pemeriksaan dan merekomendasikan beberapa perawatan dan penanganan yang tepat.

3. Pertumbuhan Rambut

miss v
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Siriluk ok

Menggunakan wax atau penghilang bulu rambut sendiri ternyata dapat mengiritsi kulit sekitar selangkangan, sehingga kulit akan jauh lebih sensitif dan gatal. Biasanya dalam beberapa hari setelah pencukuran rambut, rambut akan tumbuh dan membuat pori-pori tersumbat dan mengakibatkan rambut tumbuh ke dalam.

Cara Mengatasinya : Untuk meredakan masalah satu ini adalah dengan mengoleskan pelembab yang melembabkan kulit serta dapat mengobati masalah iritasi akibat gatal yang dialami, hal ini tentu dapat membantu mengurangi keinginan untuk gatal.

4. Infeksi Jamur

miss v
Ilustrasi miss v gatal/copyright shutterstock.com/Siriluk ok

Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab yang paling umum gatal pada area selangkangan pada perempuan, selain itu hal ini dapat berhubungan dengan beberapa gejala gatal pada area vagina, nyeri, atau terbakar karena berhubungan seks. Meskipun masalah satu ini kerap sekali terjadi pada perempuan ternyata hal ini juga dapat menyerang laki-laki.

Cara Mengatasinya : Untuk mengobati selangkangan yang gatal dan disebabkan oleh infeksi jamur, sangat penting untuk menemui dokter dan membutuhkan obat antijamur yang tepat.

5. Kutu Kemaluan

miss v
Ilustrasi perempuan mengalami masalah pada organ intimnya/copyright freepik.com/drobotdean

Mungkin kamu tak pernah menyangka adanya kutu di area kemaluan, kutu kemaluan dapat tumbuh karena kebersuhan yang tidak memadai pada beberapa orang dengan penggunaan handuk maupun pakaian dalam, selain itu biadanya akn menimbulkan bekas meras serta menyebabkan iritasi maupun selangkangan yang gatal.

Cara Mengatasinya : Untuk mengobati masalah gatal satu ini ada baiknya untuk memeriksa diri ke dokter agar mendapatkan beberapa pengobatan yang sejenisnya. Selain itu dengan menjaga kebersihan handuk maupun pakaian dalam sendiri dapat mengatasi masalah satu ini.

Itulah beberapa penyebab selanhkangan yang terasa sangat gatal dan membuat banyak orang merasa tidak nyaman, terkadang beberapa penyebab dapat dapat diatasi dengan pengobatan atau menjaga kebersihan yang baik.

Lanjutkan Membaca ↓