Sukses

Health

Waspada, Ini 5 Jenis Kanker yang Paling Berisiko Bagi Perempuan

Fimela.com, Jakarta Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Pria maupun perempuan sangat berisiko menderita kanker. Apalagi, jika ia tidak memiliki pola hidup sehat dan memiliki riwayat keluarga pengindap kanker sebelumnya. 

Daniel McFarland, DO, seorang ahli onkologi medis dengan layanan onkologi toraks di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York City, mengungkapkan jika gaya hidup berperan besar terhadap risiko ini. Semakin buruk gaya hidup seseorang, maka risikonya untuk terserang kanker akan lebih besar. 

Pada perempuan sendiri, mengutip dari laman everydayhealth.com, ada beberapa jenis kanker yang sangat berisiko. Inilah beberapa jenis kanker tersebut.

Kanker Payudara

Di posisi teratas ada kanker payudara. Hampir 30 persen perempuan yang mengidap kanker, adalah pengidap kanker payudara. Studi menemukan jika 1 dari 8 perempuan berpotensi besar mengidap kanker payudara. Ini juga merupakan kanker yang kerap menyebabkan kematian pada perempuan. Mereka yang memiliki ibu, saudara, anak atau keluarga perempuan pengidap kanker payudara, dikatakan memiliki potensi lebih tinggi untuk mengidap penyakit yang sama.

Kanker Paru-Paru

Jenis kanker yang sangat berisiko pada perempuan selanjutnya ada kanker paru-paru atau bronkus. Merokok dikaitkan dengan risiko yang lebih besar terhadap jenis kanker ini. Untuk mencegah dan mengurangi risiko, wajib untuk menghindari merokok. Gaya hidup yang lebih sehat dan olahraga cukup setiap hari juga penting dilakukan untuk mencegah kanker.

Kanker Usus Besar

Perempuan sangat berisiko mengidap kanker usus besar. Studi menemukan jika 1 dari 24 perempuan berpeluang mengidap kanker ini. Umumnya, kanker ini diderita oleh perempuan di atas usia 50 tahun. Tapi perlu diketahui, kanker ini bisa berisiko ke siapa saja termasuk anak-anak dan remaja.

Kanker Rahim

Kanker rahim adalah masalah kesehatan selanjutnya yang berisiko besar pada perempuan. Jenis kanker ini paling umum berpengaruh pada organ reproduksi perempuan di samping kanker serviks dan kanker ovarium.

Kanker Tiroid

Ini juga merupakan jenis kanker yang sangat berisiko ke perempuan. Kanker tiroid kemungkinan tidak dapat dicegah. Tapi dengan gaya hidup sehat, masih ada kesempatan untuk terhindar dari kanker ini. 

Itulah sekian jenis kanker yang paling berisiko pada perempuan. Tetap jaga pola hidup sehat, miliki istirahat cukup setiap hari dan miliki aktivitas fisik cukup setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading