Sukses

Health

4 Penyebab Keluar Flek Coklat yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Keputihan merupakan salah satu hal yang sangat wajar dan merupakan cara tubuh untuk menjaga serta dapat membantu vagina untuk tetap bersih dan terlidungi dari berbagai infeksi. Selain itu keputihan juga sering dikaitkan dengan menstruasi, perubahan hormonal, dan beberapa kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi rahim.

Pernahkah kamu memperhatikan dan mengalami adanya flek yang berwarna cokelat? Biasanya flek yang berwarna cokelat dapat menjadi proses adanya oksidasi. Selain itu jika masalah satu berlebihan maka dapat menandakan adanya tanda menstruasi atau masalah lainnya.

Keputihan yang berwarna cokelat biasanya dapat ditandai masalah satu ini. Sebelum menstruasi biasanya akan mengeluarkan cairan yang berwarna coklat dan dapat membuat adanya pendarahan, berikut beberapa penyebab keluar flek coklat yang sering terjadi dan perlu kamu tahu:

1. Menstruasi

Tidak jarang keluar cairan coklat atau flek coklat dalam jumlah yang sangat kecil selama beberapa hari, terutama sebelum masa menstruasi. Masalah satu ini mungkin dapat terjadi dan sering berkaitan dengan menstruasi.

2. Kehamilan

Keputihan yang berwarna merah bahkan coklat juga dapat terjadi di hari waktu menstruasi dan dapat menjadi tanda awal kehamilan, meskipun terkadang gejala satu ini tidap pernah disadari oleh kebanyakan perempuan. Hal ini dapat disebabkan oleh pendarahan implantasi yang terjadi pada sel telur yang sudah dibuahi dan menempel pada bagian lapisan rahim.

3. Perimenopause

Jika seseorang yang berada dalam usia 45 tahun keatas biasanya akan mengeluarkan cairan berwarna cokelat mungkin saja menandakan adanya perimenopasue, periode satu ini terkadang menandakan bahwa tubuh akan memulai untuk masa transisi menuju menopause.

4. Vagina yang Kering

Selama masa menopause jika sedang menyesui terkadang tubuh akan memproduksi lebih sedikit hormon esterogen, hal inilah yang dapat membuat kekeringan pada vagina. Selain itu kekeringan di vagina juga dapat menyebabkan kelyarnya cairan yang paling sering berwarna kuning hingga kecokelatan.

Itulah beberapa penyebab keluarnya flek coklat pada vagina yang sering terjadi, beberapa penyebab diatas terkadang membuat seseorang tak nyaman dan merasa sangat khawatir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading