Sukses

Health

Bahaya Overthinking, Menurunkan Rasa Percaya Diri Hingga Berujung Depresi

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu berpikir berlebihan akan sesuatu? Atau jangan-jangan kamu sering berpikir berlebihan atau overthinking. Sering memikirkan segala sesuatu secara berlebihan apalagi untuk hal-hal yang belum terjadi, akan berdampak buruk buat kesehatan mental. 

Menurut studi, overthinking sebagai salah satu gangguan psikologis. Hal ini mengingat bahwa overthinking bisa menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan pada penderitanya. Pada beberapa kasus, overthinking rentan menyebabkan stres bahkan depresi. 

Meski terkesan sepele, overthinking tak boleh disepelekan. Ada beberapa dampak buruk dari overthinking yang terlalu sering. Apa saja dampaknya?

Dampak Overthinking

Mengutip dari laman healthline.com, overthinking bisa melumpuhkan sel-sel otak. Akibatnya, kemampuan berpikir bisa menurun. Overthinking juga rentan membuatmu mudah merasa lelah, kurang fokus dan kurang nyaman dengan diri sendiri. Ini bahkan bisa meningkatkan kecemasan dan rasa takut tanpa alasan jelas. 

Beberapa studi menyebutkan jika overthinking akan berpengaruh besar pada pola tidur seseorang. Mereka yang sering overthinking cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk. Lebih buruk lagi, overthinking bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang hingga membuatnya rentan depresi.

Tips Mengurangi Overthinking

Bagaimana untuk berhenti overthinking? Para ahli menyarankan agar kita senantiasa menjalani hidup dengan lebih santai. Ini akan membantu kita perlahan menjadi pribadi yang berpikir lebih positif dan nyaman ke depannya. Berpikir positif akan membantu kita untuk lebih tenang dalam menjalani hidup. 

Hindari memikirkan segala sesuatu yang belum terjadi secara berlebihan. Caranya adalah, sibukkan diri dengan aktivitas yang positif dan bermanfaat. Cobalah untuk berkumpul dengan orang-orang yang membawa pengaruh positif padamu. Jangan lupa untuk selalu menerapkan hidup sehat dengan memiliki pola hidup sehat, tidur, olahraga dan minum air putih cukup setiap harinya. Ambil liburan sesekali untuk melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading