Sukses

Health

3 Tips Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Anemia merupakan masalah kesehatan yang rentan terhadap ibu hamil. Mengutip dari laman WebMD.com, anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Atau, ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik di dalam tubuh. Kekurangan darah selama kehamilan sendiri bisa berbahaya untuk Mom maupun janin di dalam kandungan. 

Sejumlah studi mengungkapkan jika sedikitnya ada tiga jenis anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Jenis tersebut antara lain anemia difisiensi zat besi atau anemia karena kekurangan zat besi, anemia difisiensi folat atau anemia karena kekuragan asam folat dan anemia difisiensi vitamin B12 atau anemia karena kekurangan vitamin B12. Lantas, apa yang bisa dilakukan saat Mom mengalami anemia selama kehamilan? 

Ada beberapa tips untuk mengatasi anemia selama kehamilan. Simak yang berikut ini.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Pastikan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi selama hamil. Makanan bernutrisi ini khususnya yang mengandung asam folat dan zat besi. Melansir American Preganancy Association, adapun makanan bernutrisi tinggi yang penting dikonsumsi setiap hari antaranya daging sapi atau unggas, aneka makanan laut, sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, kentang, gandum dan susu serta produk olahannya. 

Selama kehamilan, terutama di trimester pertama, sangat penting bagi Mom untuk mencukupi kebutuhan zat besi dan asam folat dalam tubuh. Usahakan untuk konsumsi beragam buah selama kehamilan, sumber karbohidrat dan protein.

Konsumsi Vitamin C yang Lebih Banyak

Sejumlah peneliti menyarankan agar ibu hamil konsumsi vitamin C lebih banyak dari sebelum hamil. Vitamin C membantu menyerap zat besi dari makanan dengan lebih baik. Vitamin C juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain konsumsi vitamin C, sangat penting bagi Mom untuk mengonsultasikan kehamilan secara rutin dengan dokter atau bidan ahlinya. 

Konsumsi Suplemen

Imbangi juga dengan konsumsi suplemen kehamilan. Biasanya, saat pemeriksaan kehamilan, dokter akan menyarankan Mom konsumsi suplemen berupa sumber asam folat, zat besi dan penambah darah di trimester pertama. 

Itulah sekian tips mengatasi anemia selama kehamilan. Selain itu, pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup selama hamil. Pastikan pula untuk konsumsi air putih cukup dan hindari segala hal yang bisa membahayakan kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading