Sukses

Health

5 Faktor yang Meningkatkan Peluang Kehamilan Bayi Kembar

Fimela.com, Jakarta Mengenai kehamilan kembar, perlu kita tahu bahwa ada dua jenis kembar. Kembar pertama yakni kembar identik. Dan kembar yang kedua adalah kembar tidak identik.

Kembar identik adalah bayi kembar yang  berasal dari satu sel telur sama. Sel telur ini kemudian membelah jadi dua zigot atau lebih sehingga menghasilkan janin dengan persamaan DNA, golongan darah, warna kulit, warna mata hingga warna rambut. Kembar identik membuat kedua janin atau lebih terlihat nyaris sama. 

Sedangkan kembar tidak identik adalah, kembar yang berasal dari dua sel atau lebih yang berbeda. Kembar ini tumbuh dengan plasenta dan ketuban yang berbeda. Tidak seperti kembar identik, bayi kembar tidak identik cukup berbeda antara satu sama lainnya. Lantas, tentang kembar ini, bagaimana seseorang untuk hamil anak kembar? Ada beberapa faktor yang meningkatkan peluang kehamilan anak kembar. Berikut beberapa faktor tersebut.

Genetik

Faktor pertama adalah genetik. Mom yang punya riwayat keluarga memiliki anak kembar, lebih mungkin hamil anak kembar. Studi dari Trakia Journal of Sciences, kehamilan kembar kerap diturunkan dari Mom yang punya keluarga kembar.

Usia Ibu

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Obstetrics and Gynecology, menemukan jika semakin tinggi usia ibu, semakin besar kemungkinannya untuk hamil anak kembar. Kehamilan ini terjadi karena pengaruh hormonal saat usia Mom semakin bertambah.

Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi selama menjalakan program kehamilan ternyata juga berpengaruh pada kehamilan. Makanan tertentu bisa meningkatkan peluang kehamilan anak kembar. Konsumsi ubi-ubian dan kentang serta susu dipercaya bisa berpengaruh pada kehamilan.

Ras atau Etnis

Orang-orang ras Afrika dan Amerika lebih berpeluang tinggi hamil anak kembar. Sedangkan orang dengan ras atau etnis hispanik dan Asia, memiliki peluang kecil hamil anak kembar secara alami.

Perawatan Kesuburan

Berbagai jenis perawatan kesuburan bisa meningkatkan peluang kehamilan anak kembar. Studi menemukan jika beberapa program kehamilan, seperti bayi tabung juga memiliki peluang lebih besar untuk membuat Mom hamil anak kembar. 

Itulah sekian faktor yang meningkatkan peluang kehamilan bayi kembar. Para ahli juga mengungkapkan jika riwayat kehamilan sebelumnya berpengaruh besar terhadap kehamilan. Mom yang pernah hamil anak kembar, atau hamil dan melahirkan lebih dari 2 anak, sangat mungkin memiliki kehamilan kembar. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading