Sukses

Health

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat yang Sering Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dan umum terjadi. Ada orang-orang yang mengalami masalah jerawat ringan. Tapi, tidak sedikit orang yang mengalami masalah jerawat parah. Mengutip dari laman mayoclinic.org, ada beberapa penyebab umum munculnya jerawat. Penyebab ini bisa dari genetik hingga penggunaan kosmetik. 

Ada beberapa kebiasaan buruk yang memicu semakin parahnya jerawat di wajah. Beberapa kebiasaan tersebut antara lian sebagai berikut:

Menyentuh Kulit dengan Tangan Kotor

Kebiasaan pertama adalah menyentuh kulit dengan tangan kotor. Kebiasaan memegang kulit wajah dengan tangan kotor memungkinkan bakteri di tangan menempel di kulit wajah. Jika bakteri menempel ke wajah, ini bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat. Bakteri dan kotoran yang ada di tangan bisa menyumbat pori-pori sehingga menyebabka jerawat.

Jarang Mencuci Rambut

Siapa sangka, jarang mencuci rambut ternyata bisa menyebabkan jerawat. Rambut yang jarang dicuci akan menyebabkan kotoran dan bakteri menempel di rambut. Kotoran dan bakteri ini bisa menempel di kulit wajah dan menyebabkan jerawat. Tak hanya di kulit wajah, jerawat sangat mungkin muncul di kulit kepala, leher bahkan punggung.

Kebiasaan Memencet Komedo

Kebiasaan selanjutnya yang bisa menyebabkan jerawat adalah kebiasaan memencet komedo. Mungkin hal ini sering diabaikan. Tapi, kebiasaan ini memicu munculnya jerawat yang lebih banyak dan parah.

Teknik Mencuci Muka yang Salah

Teknik mencuci muka yang salah juga meningkatkan risiko munculnya jerawat di wajah. Terlalu jarang mencuci wajah bisa menyebabkan jerawat. Mencuci wajah terlalu sering juga memicu jerawat, kulit wajah iritasi dan sensitif.

Penggunaan Produk Perawatan yang Tidak Cocok

Saat kamu menggunakan produk perawatan yang tidak cocok, ini bisa memperparah risiko jerawat di wajah. Kondisi jerawat akan semakin parah terutama untukmu yang memiliki jenis kulit berminyak. 

Itulah sekian kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat. Selain kebiasaan di atas, kebiasaan begadang, makan makanan manis dan berminyak, minum minuman bersoda dan alkohol juga memicu semakin parahnya masalah jerawat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading