Sukses

Health

Bisakah Yoga Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasan Ini

Fimela.com, Jakarta Dari meningkatkan fleksibilitas hingga membantu mengelola stres, manfaat berlatih yoga secara teratur sangat besar. Selain itu, yoga juga mudah dipelajari dan bisa disesuaikan intensitasnya.

Walaupun manfaat yoga yang paling signifikan adalah peningkatan koneksi pikiran-tubuh dan kekuatan fisik, kamu mungkin pernah bertanya-tanya apakah yoga juga bisa membantu menurunkan berat badan. Saat dipraktikkan secara konsisten dan dipasangkan dengan diet seimbang, yoga juga bisa menjadi alat untuk membantu manajemen berat badan, tapi alasannya jauh melampaui sekedar membakar kalori dan membangun otot.

Segala jenis aktivitas fisik secara teratur bisa memainkan peran penting dalam manajemen berat badan dan yoga menawarkan bentuk gerakan yang mudah dilakukan dan menyenangkan. Yoga menciptakan lebih banyak otot tanpa lemak di tubuh dan proses ini untuk sementara meningkatkan laju metabolisme istirahat tubuh, membantu membakar lebih banyak kalori dan lemak.

 

Penjelasan dari pertanyaan umum tentang apakah yoga bisa membantu menurunkan berat badan

Selain itu, yoga juga bisa membantu mengembangkan kesadaran, latihan pernapasan, dan kesadaran pikiran-tubuh. Semua hal ini bisa membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan kualitas tidur, dan menjadi lebih memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh, yang semuanya berkontribusi mendorong penurunan berat badan.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menemukan bahwa latihan yoga secara teratur mendukung pola makan yang sehat, pengelolaan pola makan emosional, dan bahkan peningkatan kapasitas untuk aktif. Lebih sedikit stres juga membantu tidur yang lebih baik, penelitian menunjukkan bahwa orang yang cukup istirahat lebih cenderung mengikuti rencana makan yang sehat dan berhasil menurunkan berat badan daripada orang yang kurang tidur.

Jika penurunan berat badan adalah salah satu tujuanmu, berlatihlah gaya aliran yang lebih aktif dan ketat secara teratur, seperti Vinyasa dan Ashtanga. Usahakan untuk konsisten melakukannya 3 sampai 5 kali per minggu selama sekitar 1 jam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading