Sukses

Health

Penyebab Usus Buntu yang Wajib Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Usus buntu sebenarnya bukan suatu penyakit, melainkan nama dari salah satu organ di tubuh kita. Istilah yang tepat adalah radang usus buntu karena penyakit usus buntu sebenarnya merupakan peradangan yang terjadi di bagian organ usus buntu.

Penyakit radang usus buntu merupakan penyakit yang cukup umum dan sudah dikenal oleh masyarakat luas. Mungkin kamu juga sudah cukup familiar dengan penyakit ini.

Penyakit radang usus buntu tidak bisa diatasi hanya dengan obat-obatan yang diminum saja, tapi harus melalui operasi. Namun kamu bisa mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab radang usus buntu agar bisa mencegah munculnya penyakit tersebut.

Penyebab usus buntu terkadang sepele atau bahkan dianggap sepele sampai banyak yang tidak menyadari kalau kebiasaan yang sering dilakukannya tersebut bisa berakibat buruk bagi organ di tubuhnya. Apa saja penyebab radang usus buntu? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Penyakit Radang Usus Buntu

1. Infeksi saluran cerna

Salah satu penyebab terjadinya usus buntu adalah karena virus atau bakteri yang menginfeksi saluran cerna. Virus, bakteri, jamur, atau cacing Enterobius vermiculari bisa menginfeksi saluran cerna bahkan sampai menyebar ke usus buntu. Hal ini dapat menyumbat sebagian rongga usus atau menutupinya secara menyeluruh.

2. Tumor

Meskipun jarang terjadi, namun tumor yang tumbuh di usus atau saluran cerna bisa menyebabkan radang di bagian usus buntu. Kanker yang berkembang di lambung atau usus besar dapat berkembang hingga ke usus buntu.

3. Trauma karena cedera

Trauma yang muncul akibat cedera juga bisa jadi penyebab radang usus buntu. Cedera perut yang terjadi dapat disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas, jatuh, penyerangan, maupun kecelakaan lainnya. Gejala usus buntu yang muncul akibat cedera traumatis dapat meliputi sakit perut, mual, muntah, bahkan hingga anoreksia.

Kebiasaan Buruk Ini Juga Bisa Menyebab Usus Buntu Meradang

4. Makan makanan pedas berlebihan

Bagi pecinta makanan pedas, pasti sulit sekali menghentikan kebiasaan ini. Namun sayangnya makanan pedas bisa menyebabkan usus buntu meradang. Hal ini disebabkan biji cabai yang tidak hancur sehingga mengakibatkan penyumbatan usus dalam waktu yang lama dan menimbulkan usus buntu meradang.

Bukannya kamu tidak boleh makan makanan pedas sama sekali. Kamu tetap boleh kok makan makanan pedas, namun kamu harus bisa mengontrol jumlahnya agar tidak berlebihan ya, Sahabat Fimela.

5. Makan gorengan

Sama halnya dengan makanan pedas, makan gorengan secara berlebihan juga bisa menyebabkan radang pada usus buntu. Pastikan kamu makan gorengan dalam jumlah yang secukupnya saja ya.

Itulah beberapa penyebab radang usus buntu yang mungkin sering kamu lakukan namun tidak kamu sadari atau bahkan kamu anggap sepele. Yuk mulai kurangi makan makanan yang pedas dan goreng-gorengan dan mulai memperbanyak makan makanan yang lebih sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading