Sukses

Health

Pentingnya Kesehatan Tulang, Sendi dan Otot Melalui Pemeriksaan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Kesehatan tulang, sendi, dan otot masih sering luput dari perhatian kelompok usia dewasa Indonesia. Hal ini terlihat dari bagaimana asupan harian kalsium masyarakat Indonesia yang hanya mencapai 245 mg per hari. Padahal, orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000-1.200 mg kalsium setiap harinya. Kurangnya asupan kalsium ini tentunya mengarah pada meningkatnya prevalensi osteoporosis di Indonesia. 

Hal ini nampak pada hasil pemeriksaan kesehatan tulang, sendi, dan otot yang sedang diadakan Anlene dalam rangka perayaan ulang tahunnya ke-20. Pertama kali dilakukan di Ambawara dan Kediri pada tanggal 19 Agustus 2022 silam, pemeriksaan gratis ini telah menjangkau lebih dari 8.351 orang yang terdiri dari 33% pria dan 67% wanita dalam rentang usia 19-70 tahun.

Hasil pemeriksaan tersebut menemukan bahwa 70% dari partisipan memiliki massa otot di bawah normal. Selain itu, terlihat bahwa 66% dari partisipan berusia di atas 31 tahun memiliki risiko osteoporosis tingkat sedang sampai tinggi.

 

Sistem muskuloskeletal

Sistem muskuloskeletal, yang kerap disebut dengan sistem gerak manusia, terdiri dari tiga aspek penting: tulang, otot, dan sendi. Jika kita ingin tetap bebas bergerak di usia tua nanti, maka kesehatan dan kepadatan dari tulang, sendi, dan otot yang membentuk sistem ini perlu sama-sama diperhatikan dan dijaga; tidak bisa memilih hanya fokus pada satu aspek saja.

 

Tulang rentan patah

Rapuhnya tulang dapat berisiko membuat tulang Anda patah bahkan ketika sedang hanya melakukan aktivitas-aktivitas kecil, seperti membungkuk atau batuk. Selain itu, menjaga kesehatan otot juga penting karena otot berkaitan dengan begitu banyak sistem pada tubuh manusia.

Berkurangnya massa otot dapat menyebabkan melemahnya tubuh dalam hal kekuatan, energi, sistem kekebalan, dan bahkan fungsi organ. Apalagi, massa otot dapat menurun sekitar 3-8% per dekade setelah usia 30 tahun. Sama halnya dengan tulang dan otot, sendi yang tidak sehat dan kerap nyeri juga dapat menyebabkan kemampuan seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari menjadi terbatasi.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading