Sukses

Health

Studi: Duduk Terlalu Lama Bisa Memicu Penyakit Kronis

Fimela.com, Jakarta Duduk merupakan aktivitas yang tak asing lagi bagi kita. Hampir sebagian besar dari kita, bekerja dengan posisi duduk. Banyak orang yang bekerja di depan komputer atau sejenisnya. Sehingga memaksanya untuk bekerja sambil duduk. Saat di hadapan komputer untuk bekerja, kita terkadang lupa bahwa kita sudah duduk terlalu lama. Padahal nih Sahabat Fimela, duduk terlalu lama berdampak buruk buat kesehatan. 

Mengutip dari laman CNN, kebiasaan duduk terlalu lama bisa memicu penyakit kronis. Studi menemukan jika kebiasaan duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko diabetes, jantung, stroke bahkan jenis kanker tertentu. Studi yang dilakukan oleh Keith Diaz dari Universitas Kesehatan Columbia menemukan jika, duduk terlalu lama meningkatkan kematian dini.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Penelitian menemukan jika duduk terlalu lama sangat berbahaya buat kesehatan. Meski seseorang dituntut untuk bekerja sambil duduk, ia harus memastikan bahwa dirinya juga memiliki gerak tubuh dan jalan cukup setiap harinya. 

Studi dari American College of Sports Medicine menunjukkan bahwa, duduk terlalu lama akan berdampak luar biasa. Ini sangat berbahaya buat kesehatan. Salah satu bahaya paling nyata adalah obesitas. Sementara itu, obesitas bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan kronis lainnya. 

Studi tersebut juga menunjukkkan lima menit berjalan ringan setiap setengah jam akan mengatasi risiko penyakit. Dengan berjalan sebentar di sela-sela pekerjaan, ini bisa membantu seseorang lebih fit dan bugar. Ini juga membantu seseorang merasa lebih fresh secara fisik pun psikis. Ini bisa menghindarkan risiko penyakit kronis akibat duduk terlalu lama saat bekerja.

Pentingnya Tetap Bergerak pada Jam Kerja

 "Ada begitu banyak dari kita yang menjalani gaya hidup tidak aktif atau duduk atau memiliki pekerjaan sambil duduk. Ini sungguh tidak baik buat kesehatan. Ini memicu beragam penyakit kronis. Penting bagi kita untuk tetap bergerak aktif selama bekerja.” Ungkap Diaz. 

Para ahli menyarankan agar seseorang yang memiliki pekerjaan dengan duduk, tetap memiliki gerak aktif. Sangat penting untuk tetap bergerak aktif di sela-sela jam kerja. Ini demi mencegah risiko berbagai penyakit kronis. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Sahabat Fimela, jaga kesehatan dengan memiliki gaya hidup lebih sehat, gerak tubuh cukup dan istirahat cukup setiap harinya. Pastikan untuk memiliki olahraga rutin meski hanya sekedar berjalan atau lari pagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading