Sukses

Health

7 Makanan yang Bisa Membantu Melancarkan Peredaran Darahmu

Fimela.com, Jakarta Beberapa penyakit mematikan seperti diabetes, jantung dan berbagai penyakit lainnya bisa terjadi karena peredaran darah yang kurang lancar. Peredaran darah yang kurang lancar bisa kamu rasakan lewat berbagai gejala misalnya sering terasa kesemutan pada kaki atau tangan, tangan atau kaki yang terasa dingin, beberapa bagian tubuh membengkak dan lain sebagainya.

Peredaran darah yang kurang lancar ini bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Misalnya makan makanan yang kurang sehat. Namun makan makanan yang tepat juga bisa melancarkan peredaran darah.

Apa saja makanan yang bisa melancarkan peredaran darah? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Jahe

Rempah-rempah yang satu ini memang punya banyak khasiat untuk kesehatan. Selain menghangatkan tubuh, ternyata jahe juga bisa melancarkan peredaran darah. Jahe mengandung gingerol yang bersifat antikoagulan. Kandungan gingerolnya ini dapat menstimulasi hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mencegah sumbatan pada pembuluh darah, mempercepat aliran darah, dan meringankan kerja jantung.

2. Bawang putih

Selain menjadi penyedap dalam masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih memiliki manfaat merenggangkan pembuluh darah dan membersihkan darah. Selain itu, bawang putih juga efektif meningkatkan produksi hydrogen sulfide pada pembuluh darah sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Ikan tuna

Ikan tuna mengandung asam lemak omega 3 dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, omega 3 memiliki beragam manfaat lainnya yaitu menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan otak, mengurangi resiko pembekuan darah, mengurangi nyeri haid, membantu penyerapan vitamin, dan lain-lain. Meskipun bermanfaat, kandungan omega 3 ini juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan perut dan memicu kenaikan kadar gula darah.

4. Cabe rawit

Cabe rawit mengandung capsaicin yang dapat mengeluarkan rasa pedas. Capsaicin juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh dengan menurunkan tekanan darah serta merangsang pelepasan nitrat oksida dan vasodilator lainnya yang dapat membantu memperluas pembuluh darah.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan collard hijau kaya akan nitrat yang diubah tubuh menjadi nitrat oksida, vasodilator yang kuat. Mengonsumsi makanan kaya nitrat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah sehingga memungkinkan darah akan mengalir lebih lancar.

6. Kayu manis

Kayu manis adalah bumbu penghangat yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga termasuk ke dalam jenis makanan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah. 

Dalam sebuah penelitian pada hewan, kayu manis meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan aliran darah di arteri koroner yang memasok darah ke jantung. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

7. Tomat

Tomat termasuk salah satu makanan yang bisa membantu melancarkan peredaran darah dikarenakan tomat bekerja dengan mengurangi aktivitas enzim pengonversi angiotensin (ACE) yang dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut dalam mengontrol tekanan darah. 

Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak tomat bekerja mirip dengan obat penghambat ACE dalam membuka pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, tomat juga dapat membantu mengurangi peradangan dan gangguan agregasi trombosit yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah beberapa makanan yang dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Yuk mulai konsumsi agar peredaran darahmu jadi lancar. Namun ingat juga jangan terlalu banyak mengonsumsinya ya, karena justru bisa berakibat buruk untuk tubuh kalo dikonsumsi terlalu banyak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading