Sukses

Health

Penyebab Tenggorokan Terasa Pahit yang Kamu Alami dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Tenggorokan yang tiba-tiba terasa pahit memang sangat mengganggu. Selain terasa tidak nyaman, tenggorokan yang terasa pahit juga membuatmu kesulitan merasakan makanan. Bahkan makanan yang kamu makan juga bisa ikut terasa pahit. Alhasil, nafsu makanmu jadi menurun.

Pernahkah kamu merasakan tenggorokanmu terasa pahit? Biasanya hal ini terjadi jika kamu sedang sakit. Namun bisa saja terjadi karena hal lainnya.

Tenggorokan yang terasa pahit bisa terjadi karena suatu hal, namun bisa juga menandakan sesuatu yang sedang terjadi di tubuh. Apa sih penyebab tenggorokan terasa pahit? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Konsumsi obat-obatan

Penyebab tenggorokan terasa pahit mungkin saja karena konsumsi obat-obatan. Obat umumnya memang terasa pahit meskipun langsung kamu telan. Mungkin saja obat tersebut sempat kontak sebentar dengan tenggorokan dan meninggalkan rasa pahit di tenggorokan.

2. Kehamilan

Banyak wanita hamil yang mengalami mulut atau tenggorokannya terasa pahit atau muncul rasa logam. Kondisi ini diduga disebabkan oleh fluktuasi hormon kehamilan. Dysgeusia saat hamil biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya atau setelah melahirkan.

3. Asam lambung naik

Naiknya makanan dan asam lambung ke kerongkongan setelah makan dapat menyebabkan mulut atau tenggorokan terasa pahit atau asam. Asam lambung yang naik biasanya dipicu oleh beberapa hal misalnya merokok, konsumsi minuman beralkohol, makan dalam porsi besar, hingga obesitas.

4. Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan terasa pahit karena penurunan produksi air liur. Kondisi mulut kering ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti konsumsi obat-obatan, penuaan, penyakit autoimun, merokok, dan sindrom Sjogren.

5. Sakit

Seperti yang telah disinggung di awal, penyebab tenggorokan terasa pahit yang paling umum adalah karena sakit. Saat sedang sakit, tubuh akan secara alami melepaskan protein yang mampu meredakan peradangan. Pelepasan protein ini diduga dapat memengaruhi indra perasa yang menyebabkan mulut terasa pahit.

Cara Mengatasinya

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mulut atau tenggorokan yang terasa pahit:

  • Mengonsumsi lebih banyak cairan dan mengunyah permen karet bebas gula untuk meningkatkan produksi air liur
  • Berkumur dengan larutan garam dan baking soda
  • Menghindari konsumsi makanan berlemak dan pedas yang dapat meningkatkan asam lambung
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Menyikat gigi secara teratur dan berkumur menggunakan mouthwash
  • Menambahkan perisa asam, seperti lemon, jeruk nipis, atau cuka, pada makanan dan minuman bila kondisi dialami oleh ibu hamil

Itulah beberapa hal yag menjadi penyebab tenggorokan terasa pahit serta cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading