Sukses

Health

5 Manfaat Memelihara Kucing, Bikin Tenang Hingga Menyehatkan Jantung

Fimela.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling digemari. Hampir sebagian besar masyarakat memelihara kucing. Selain karakternya yang lucu dan penurut, kucing ternyata juga bisa menjadi sahabat baik untuk pemiliknya. Seperti yang kita tahu, ada banyak jenis kucing yang bisa jadi hewan peliharaan. Mulai dari jenis kucing kampung, persia, anggora, Scottish Fold, Munchkin dan masih banyak lagi. 

Mengutip dari laman healthline.com, memelihara kucing pada kenyataannya memiliki banyak manfaat. Termasuk bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Para ahli percaya jika memelihara kucing dan bersahabat dengan mereka, akan memberikan ketenangan tersendiri. Ini juga akan menyehatkan jantung untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Berikut beberapa manfaat kucing yang perlu untuk diketahui.

Menenangkan Pikiran

Manfaat pertama dari memelihara kucing adalah menenangkan pikiran. Bersahabat dan bermain bersama kucing, disadari atau tidak, akan membantumu menjadi pribadi yang lebih fokus. Ini juga membuat perasaan lebih santai dan rileks.

Menurunkan Risiko Stres

Karena menenangkan dan bikin bahagia, memelihara kucing juga akan menurunkan risiko stres. Para ahli menemukan jika memberikan kasih sayang, perlindungan dan perawatan pada kucing akan melepas hormon okstitosin dalam tubuh. Hormon ini bermanfaat mereduksi tingkat stres pada manusia.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Siapa sangka, bahwa memelihara kucing ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Orang-orang yang memelihara kucing dan memberikan kasih sayang serta perawatan tulus, akan lebih rentan berisiko flu, sakit punggung, demam hingga pusing.

Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat dari memelihara kucing selanjutnya adalah menurunkan risiko stroke. Memelihara kucing memungkinkan seseorang untuk lebih bahagia, terhindar dari stres, lebih sabar, lebih mampu mengelola emosi secara stabil dan hidup dengan nyaman. Inilah yang kemudian menurunkannya akan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Menurunkan Risiko Jantung

Selain menurunkan risiko stroke, memelihara kucing ternyata bisa menurunkan risiko jantung. Studi menemukan jika pemilik kucing memiliki detak jantung yang lebih rendah, tingkat stress kecil dan tekanan darah yang lebih rendah. Mereka juga memiliki risiko jantung 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tak memelihara kucing. 

Itulah sekian manfaat dari memelihara kucing. Selain manfaat di atas, manfaat lain dari memelihara kucing adalah membantu terapi untuk anak autisme, menurunkan rasa kesepian, mencegah depresi, menyembuhkan pasien dengan penyakit tertentu secara unik hingga menyehatkan otot serta tulang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading