Sukses

Health

Penting untuk Diketahui, Ini Kadar Kolesterol Normal dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah zat yang lunak seperti lilin yang terdapat di dalam darah.Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk membangun sel, menghasilkan vitamin dan hormon. Mengenai kolesterol, ini sendiri terdiri dari dua jenis. Yakni lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat, dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik.

Sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar kolesterolnya tetap berada di angka normal. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Banyak dari kita yang kurang menyadari jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi. Hal ini karena, gejala kolesterol tinggi sering terasa jika sudah berada di batas tertinggi. 

Untuk itu, mengetahui tinggi rendahnya kadar kolesterol, penting bagi kita untuk melakukan cek up terkait kadar kolesterol. 

Cek ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat pengukur kolesterol atau langsung konsultasi serta melakukan pemeriksaan ke dokter ahlinya. Lalu, kira-kira berapa kadar normal kolesterol yang ada dalam tubuh?

Kadar Normal Kolesterol dalam Tubuh

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, batas normal keseluruhan kolesterol dalam tubuh (LDL dan HDL) adalah sekitar 200 mg/dL, dengan rincian jumlah LDL di bawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. 

Kadar di bawah 200 masih bisa dikatakan normal. Namun, jika jumlahnya di antara 200 - 239 mg/dL, ini dikatakan berada di batas tinggi. Sementara itu, jika jumlahnya sudah di atas 240 mg/dL, ini sudah dikatakan sangat tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi sangat tidak baik untuk kesehatan, karena bisa memicu risiko stroke dan jantung. 

Ukuran di atas adalah ukuran untuk orang-orang usia dewasa lebih dari 20 tahun. Sementara itu, kadar normal untuk orang-orang yang berusia di bawah 19 tahun, kadar yang normal yakni kurang dari 170 mg/dL dengan rincian, jumlah LDL di bawah 100 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL.

Bahaya Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Ketika kadar kolesterol lebih tinggi dari ambang normal, ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Ada beberapa komplikasi yang mungkin terjadi karena kolesterol dalam tubuh tinggi. Berikut beberapa komplikasi tersebut:

  • Tekanan darah tinggi.
  • Nyeri dada.
  • Risiko penyakit jantung dan serangan jantung..
  • Risiko stroke. 
  • Penyakit ginjal kronis. 

Itulah sekilas mengenai ambang normal kolesterol dalam tubuh juga komplikasi yang terjadi karena kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading