Sukses

Health

10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Terjadi di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah zat yang lunak seperti lilin yang terdapat di dalam darah. Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk membangun sel, menghasilkan vitamin dan hormon. 

Sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar kolesterolnya tetap berada di angka normal. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. Mengenai kolesterol tinggi, hal ini juga sangat mungkin terjadi pada orang-orang dengan usia yang masih sangat muda. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, tidak menjadi jaminan anak muda terbebas dari masalah kolesterol tinggi. Justru sebaliknya, anak muda zaman sekarang sangat mungkin terkena kolesterol tinggi. Apalagi untuk mereka yang kurang gerak, kurang istirahat dan tidak menjaga pola hidupnya dengan baik. 

Ada beberapa gejala kolesterol tinggi yang sering terjadi di usia muda. Apa saja gejalanya? Simak yang berikut ini.

Nyeri Dada

Gejala pertama yang sering terjadi adalah nyeri dada. Nyeri dada terjadi karena tersumbatnya arteri oleh lemak dalam darah. Akhirnya, oksigen dan aliran darah ke jantung tidak bekerja dengan baik. Ini yang kemudian menyebabkan nyeri dada. 

Kelelahan

Sering merasa lelah di usia muda bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Aliran darah yang tidak lancar akibat kolesterol tinggi, membuat seseorang rentan merasa lelah, lemas dan tak berdaya meski sudah memiliki istirahat cukup setiap harinya.

Sering Kesemutan

Apakah kamu sering kesemutan dan mati rasa pada anggota tubuh terutama kaki serta tangan? Jika iya, bisa jadi ini sebagai gejala awal dari kolesterol tinggi. Aliran darah yang tidak lancar menyebabkan anggota tubuh rentan kesemutan hingga mati rasa. 

Pusing atau Sakit Kepala

Merasa pusing dan sakit kepala yang berlebihan serta berkepanjang juga bisa sebagai gejala kolesterol tinggi. Umumnya, kondisi ini juga disertai dengan gejala tekanan darah tinggi.

Sesak Nafas

Plak yang bersarang di pembuluh darah akibat kolesterol tinggi, bisa menyebabkan risiko penyakit jantung. Sesak napas menjadi tanda awal kemunculan gangguan kardiovaskular. Termasuk tanda awal dari seperti serangan jantung, gagal jantung atau penyakit arteri perifer.

Kejang Otot atau Kram

Pernah merasakan kejang otot atau kram? Dalam kondisi tertentu misal kelelahan atau cuaca yang terlampau dingin, mungkin kita akan mengalami kejang otot atau kram. Namun, kejang otot dan kram yang terus menerus terjadi tanpa sebab jelas, bisa menjadi gejala dari kolesterol tinggi.

Gangguan Pencernaan

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya yakni gangguan pencernaan. Studi menemukan jika gangguan pencernaan sebagai salah satu indikasi adanya penyakit berbahaya dalam tubuh termasuk kolesterol tinggi. Hal ini mengingat jika gangguan pencernaan bisa menghambat kinerja organ tubuh secara keseluruhan. 

Gatal

Gatal juga bisa dikenali sebagai gejala atau tanda kolesterol tinggi. Tubuh yang gatal kemungkinan besar terjadi karena penghambatan pembuluh darah. 

Berat Badan Naik atau Turun Secara Drastis

Gejala dari kolesterol tinggi di usia muda selanjutnya yakni berat badan naik atau turun secara drastis. Kenaikan dan penurunan berat badan ini terjadi karena metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. 

Disfungsi Ereksi Pada Pria

Jika di usia muda mengalami disfungsi ereksi, besar kemungkinan ini terjadi karena risiko kolesterol tinggi dalam tubuh. Terhambatnya aliran darah karena kolesterol, bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan organ intim. Selain gejala kolesterol tinggi, disfungsi ereksi juga bisa terjadi karena risiko diabetes atau penyakit kardiovaskular lainnya. 

Itulah sekian gejala kolesterol tinggi yang sering terjadi pada orang-orang di usia muda. Waspadai gejala ini dan jangan tunggu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatanmu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading