Sukses

Health

5 Cara Ketahui Kadar kolesterol di Tubuh, Mana yang Normal dan tidak Normal

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya, kolesterol terbagi menjadi dua jenis yaitu HDL (High density lipoprotein) atau biasa disebut kolesterol baik dan LDL (Low Density Lipoprotein) atau biasa disebut kolesterol jahat. Hampir setiap hari kita membutuhkan makanan untuk energi, tetapi jika tidak mengontrol pola makan dengan baik dapat mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol LDL menjadi tinggi.

Kolesterol LDL yang tinggi biasanya disebabkan oleh makanan yang berlemak dan tidak sehat sehingga dapat memicu penyakit pada tubuh. Maka, perlu diperhatikan pola makan yang baik dan bergizi sehingga kadar kolesterol tetap terkontrol.

Disamping itu, penting juga untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, apakah normal atau tidak normal. Berikut 5 cara mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh mana yang sehat dan tidak sehat.

1. Pemeriksaan darah

Dilansir dari Centre of Diseas Control and Prevention, kadar kolesterol dalam tubuh dapat diketahui melalui pemeriksaan darahDengan pemeriksaan darah, kamu bisa mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh apakah normal atau tidak dan juga mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.

2. Merasa sering kesemutan

Dilansir dari Express.co.uk, tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat membuat aliran darah menjadi kental sehingga memengaruhi aliran darah pada saraf. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kesemutan. Jika sering merasa kesemutan khusunya pada bagian tangan dan kaki bisa menjadi tanda kolesterol pada tubuh kamu sedang tidak normal.

3. Merasa nyeri dada sebelah kiri

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat meransang rasa nyeri pada bagian sisi kiri dada. Hal ini dikarenakan tubuh memberikan sinyal bahwa terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di sekitar jantung sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut juga bisa menyebar sampai leher. Oleh karena itu, perlu diwaspadai jika kamu merasakan hal ini, sebab tidak hanya kolesterolmu yang tidak normal tetapi bisa menjadi tanda serangan jantung juga loh.

4. Sakit kepala bagian belakang

Kolesterol dalam tubuh yang sedang tidak normal akan mengakibatkan sakit kepala yang sering terjadi pada bagian belakang. Hal tersebut disebabkan adanya pembuluh darah yang tersumbat di kepala akibat plak kolesterol. Hal tersebut juga dapat membuat pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke.

5. Nyeri punggung bawah

Kolesterol yang tidak normal dalam tubuh juga dapat membuat nyeri pada punggung bagian bawah. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan plak yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Jika hal ini telat disadari, dapat memicu sarap terjepit karena kurangnya aliran darah ke belakang.

 

*Penulis: Amelia Septika.

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading