Sukses

Health

5 Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri yang Harus Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami telinga berdenging? Sebenarnya telinga berdenging merupakan suatu keadaan yang cukup umum terjadi. Banyak orang pernah mengalami telinga berdenging.

Biasanya telinga berdenging bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun begitu, jangan pernah menyepelekan atau menganggap enteng telinga berdenging ya, Sahabat Fimela. Kalau kamu membiarkan saja bahkan tidak mengobatinya, lama kelamaan bisa semakin parah bahkan bisa mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya.

Telinga yang berdenging memang mengganggu dan membuat tidak nyaman. Terkadang telinga yang berdenging bisa sebelah kanan atau kiri saja, atau bisa juga keduanya. Untuk mengobati telinga yang berdenging, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Lalu apa penyebab telinga berdenging sebelah kiri dan bagaimana cara mengobatinya? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

1. Penumpukan Kotoran Telinga

Penumpukan kotoran di telinga bisa menjadi penyebab utama telinga berdengung sebelah ataupun keduanya. Kotoran pada telinga yang menumpuk dapat kemampuan mendengar berkurang dan timbulnya dengungan.

Hal ini bisa terjadi karena udara yang masuk ke dalam telinga menjadi tersumbat dan susah keluar. Dengan begitu, timbul lah bunyi dengungan.

2. Konsumsi Obat-obatan

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan dengan dosis yang berlebih, hal itu juga dapat memicu masalah pada kuping. Oleh karena itu, konsumsi lah obat jika memang diperlukan.

Karena mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter dan ikuti semua arahannya.

3. Aliran Darah Tidak Lancar

Jika kamu mengalami gangguan pada aliran darah, hal ini juga dapat memicu gangguan pada telinga. Untuk menjaga aliran darah dalam tubuh selalu lancar, coba lah untuk selalu rutin olahraga minimal dua kali seminggu.

4. Minuman Beralkohol dan Berkafein

Minuman yang beralkohol bukan hanya tidak baik untuk kesehatan tubuh, kita tapi juga dapat menyebabkan masalah pada telinga. Selain alkohol, minuman berkafein seperti kopi juga bisa menimbulkan masalah pada alat pendengaran.

5. Cedera

Jika telinga mengalami benturan atau terkena benda berat hal ini juga dapat menyebabkan kuping berdengung. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari benturan pada organ yang rentan cedera ini.

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Sebelah Kiri

1. Hindari Suara Terlalu Keras

Kalau kamu hobi mendengarkan musik saat bekerja atau pun belajar, hindari volume suara yang terlalu keras. Selain itu, jauhi sumber suara keras seperti panggung konser atau hal lainnya.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Jika mengalami gangguan pada telinga, rutin lah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi organ tubuh ini. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin D, asam folat, magnesium serta vitamin C dan vitamin D.

3. Rajin Membersihkan Telinga

Salah satu hal yang menimbulkan dengungan pada telinga adalah karena alat pendengaran ini tersumbat kotoran. Untuk itu, rajin lah untuk membersihkan telinga. Tapi jangan terlalu sering, karena pada dasarnya organ ini mampu memproduksi minyak untuk membersihkan dirinya sendiri.

4. Hindari Penggunaan Obat-obatan

Jika kamu menderita penyakit tertentu, konsultasikan lah dengan dokter obat yang sekiranya aman dan tidak mengganggu kesehatan telinga.

5. Kurangi Stres

Apabila kamu sangat sibuk karena pekerjaan setiap harinya, jangan lupa untuk me-refresh otak agar tidak stres. Atasi stres dengan melakukan hobi atau kegiatan menyenangkan lain di luar kantor.

Jika setelah melakukan beberapa cara di atas kondisinya masih sama atau bahkan bertambah buruk, segera periksa ke dokter yang ahli masalah ini. Karena hanya menerka-nerka akan membuat keadaan psikologi kamu jadi tidak baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading