Sukses

Info

Waspadai Situs PeduliLindungi Palsu, Ketahui Perbedaannya

Fimela.com, Jakarta Aplikasi PeduliLindungi merupakan salah satu aplikasi yang kini banyak digunakan oleh masyarakat di masa pandemi. Apalikasi ini dipakai sebagai syarat untuk melakukan kegiatan di tempat umum seperti di pusat perbelanjaan dan juga trasportasi umum.

Melansir dari merdeka.com (30/9), di masa pandemi saat ini, nyatanya ada cukup banyak modus penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah pemalsuan aplikasi PeduliLindungi yang ramai diperbincangkan masyarakat belum lama ini.

Tampilan situs palsu itu dibuat sama persis dengan tampilan situs resmi dengan tautan http://www.pedulilindungia.com/. Situs palsu tersebut meminta pengunjung website untuk memasukkan data diri lengkap termasuk nomor induk KTP hingga alamat.

Untuk itu, penting bagi semua orang mengetahui perbedaan dari kedua situs tersebut. Meski serupa, namun situs palsu ini sebenarnya memiliki perbedaan yang mencolok.

Meski Sama, Sebenarnya Memiliki Perbedaan yang Mencolok

Salah satu perbedaan yang langsung bisa dilihat terletak pada domain yang digunakan. Situs PeduliLindungi yang asli menggunakan domain pedulilindungi.id, sementara aplikasi yang palsu adalah pedulilindungia.com.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menekankan bahwa website PeduliLindungi yang resmi berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020 adalah PeduliLindungi.id. Selain nama dan alamat itu, maka dipastikan website itu adalah palsu.

Untuk saat ini, situs tersebut diketahui sudah di blokir oleh pihak Kominfo. Namun, tidak memungkiri adanya situs-situs serupa yang bisa kembali muncul. Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat menggunakan aplikasi tersebut.

Well, kita perlu berhati-hati ya, Sahabat Fimela. Pastikan menggunakan aplikasi yang telah dianjurkan dari pemerintah. Kamu juga bisa langsung mengunjungi website resminya untuk memastikannya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading