Lebih Mudah, PeduliLindungi Bakal Terintegrasi dengan 50 Aplikasi

Hilda Irach27 Okt 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 27 Okt 2021, 13:00 WIB
Lebih Mudah, PeduliLindungi Bakal Terintegrasi dengan 50 Aplikasi

Fimela.com, Jakarta PeduliLindungi menjadi situs penting untuk membantu masyarakat dalam berkegiatan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses fitur PeduliLindungi, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin merilis integrasi QR Code PeduliLindungi untuk aplikasi mitra lain. 

Nantinya, fitur aplikasi PeduliLindungi bisa diakses di 50 platform digital lainnya. Namun, QR Code PeduliLindungi ini kini tengah berlangsung dalam tahapan integrasi pada lebih dari 50 aplikasi mitra dan akan berjalan secara bertahap hingga bulan Oktober ini.

50 aplikasi mitra tersebut di antaranya adalah Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Living Mandiri, Cinema XXI, Link Aja, Goers, Jaki, Shopee, BNI Mobile, Loket.com, Mcash dan 35 aplikasi mitra lainnya.

“Saya berterima kasih kepada para mitra, karena untuk bisa menjangkau seluruh rakyat Indonesia yang melakukan aktivitas kita tahu bahwa kita tidak mungkin bekerja sendiri, harus bersama-sama,” ujar Budi Sadikin, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

3 Fungsi Utama Situs PeduliLindungi

Lebih Mudah, PeduliLindungi Bakal Terintegrasi dengan 50 Aplikasi
Fitur aplikasi PeduliLindungi bakal bisa diakses di 50 aplikasi.(dok.Fimela.com)

Lebih lanjut, Budi Sadikin mengatakan bahwa keberadaan situs PeduliLindungi digunakan untuk tiga fungsi utama dalam penanganan pandemi Covid-19, di antaranya:

Fungsi pertama dari PeduliLindungi adalah melakukan screening di tempat aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Meliputi wilayah perdagangan, transportasi, pertunjukan atau pameran, perkantoran, sekolah, keagamaan dan lain sebagainya. Screening tersebut berupa pengecekan status vaksinasi dan juga status swab test.

Fungsi kedua dari aplikasi PeduliLindungi adalah untuk melakukan fungsi tracing atau fungsi pelacakan. Dengan adanya QR Code untuk memulai suatu aktivitas, diharapkan apabila terjadi kasus positif bisa dengan sangat cepat mengetahui siapa saja yang ada di tempat dan pada waktu tersebut.

Yang terakhir ialah mendukung implementasi protokol kesehatan, misalnya apabila scan QR Code hasilnya hijau maka seseorang bisa beraktivitas di tempat tersebut. Tetapi apabila kuning atau merah maka tidak boleh beraktivitas di tempat tersebut.

Adanya integrasi QR Code PeduliLindungi ini diharapkan mampu membantu mencegah penyebarluasan virus Covid-19. Tetapi, masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela