Sukses

Info

Ganti Nama Jadi Meta, Ini Arti Nama Baru Facebook

Fimela.com, Jakarta CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg secara resmi mengumumkan nama baru dari platform media sosial Facebook menjadi Meta.

"Kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk masyarakat dapat terhubung (social connection)," katanya dalam acara Connect pada Kamis, 28 Oktober 2021 waktu setempat.

Mark Zuckerberg menambahkan, "Bersama-sama, kami akhirnya dapat menempatkan orang di pusat teknologi. Dan bersama-sama, kita dapat membuka peluang untuk kreator jauh lebih besar."

Dikutip dari The Verge, keputusan Mark Zuckerberg mengganti nama Facebook tidak bisa mencakup semua hal yang kini perusahaannya lakukan. Melainkan masih terkait erat dengan satu produk. Ada harapan di benak Zuckerberg bahwa perusahaannya akan menjadi perusahaan metaverse.

 

Arti nama Meta

Nama "Meta" sendiri dipilih dari bahasa Yunani yang berarti melampaui. Bagi Mark Zuckerberg, kata ini melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak yang dibangun dan selalu cerita yang akan perusahaan bangun.

"Ini adalah masa depan yang melampaui satu perusahaan dan yang akan dibuat oleh semua orang," tuturnya.

Meta sendiri akan berfokus dengan menghadirkan metaverse untuk membantu orang terhubung, mencari komunitas, dan menumbuhkan bisnis. Metaverse disebut akan mencampurkan pengalaman sosial online saat ini, yang diperluas menjadi tiga dimensi atau diproyeksikan ke dunia fisik.

"Ini akan memungkinkan Anda berbagi pengalaman mendalam dengan orang lain, bahkan ketika tidak bisa bersama-dan melakukan hal-hal bersama yang tidak Anda lakukan di dunia fisik," tulis perusahaan dalam situs resminya.

 

Pengalaman metaverse

Dalam gelaran konferensi Connect, Meta menyebut pengalaman ini yang nantinya akan diberikan metaverse di masa depan, mulai dari koneksi sosial, hiburan, gaming, fitness, produktivitas, edukasi, dan perdagangan.

Hingga berita ini ditulis, Mark Zuckerberg sudah resmi mengantongi akun resmi @meta di Twitter dan meta.com. Hingga saat ini ketika membuka meta.com masih dialihan ke laman selamat datang Facebook dan memberikan informasi tentang perusahaan.

Sebelumnya, tautan meta.com dialihkan ke situs meta.org. Laman ini merupakan situs tentang penemuan dan penelitian biomedis dari proyek Chan Zuckerberg Science Initiative. Ini menjadi bagian dari kegiatan filantropis Zuckerberg bersama istrinya, Priscilla Chan.

 

Buka 10.000 lowongan

Facebook pun sebelumnya berencana membuka 10.000 lowongan kerja di Eropa untuk mengembangkan konsep baru dari metaverse. Mark Zuckeberg sendiri dilaporkan terlibat langsung dalam konsep tersebut.

Dikutip dari BBC, pengumuman ini muncul saat Facebook sedang mengurusi dampak kasus dan peningkatan regulasi yang mengekang pengaruhnya.

"Metaverse memiliki potensi membantu membuka akses ke peluang kreatif, sosial, dan ekonomi baru. Dan orang Eropa akan membentuknya sejak awal," kata Facebook dalam sebuah posting blog.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading