Sukses

Info

Resmi! BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Fimela.com, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) secara resmi mengeluarkan izin penggunaan vaksin Sinovac untuk anak berusia 6-11 tahun.

“BPOM mengizinkan penggunaan Sinovac dari China untuk anak usia 6-11 tahun dan tentunya juga bagi dewasa,” kata Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, dalam konferensi pers daring, Senin (1/11/2021).

Penny menyebut bahwa ini merupakan kabar baik bagi vaksinasi COVID-19 pada anak-anak. Pasalnya, sudah banyak anak yang melakukan Pembelajaran Tatap Muka.

Ia juga menambahkan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia memang sedang turun. Namun di beberapa belahan dunia masih ada peningkatan kasus. Maka dari itu, Indonesia masih harus waspada dan tetap menggencarkan program vaksinasi.

 

Butuh data mendalam untuk vaksin anak di bawah 6 tahun

Sementara untuk anak usia di bawah enam tahun, Penny menjelaskan bahwa BPOM masih mengumpulkan sejumlah data yang mendalam bersama tim evaluasi.

“Untuk anak di bawah usia 6 kami masih mengumpulkan data dengan tim evaluasi, karena untuk usia dini butuh kehati-hatian yang lebih.”

Berdasarkan hasil uji klinis, vaksin Sinovac bagi anak 6-11 tahun dinyataakan aman. Terkait efikasi, Penny tidak menyebut angka secara spesifik. Namun menurutnya efikasi vaksin Sinovac pada anak usia 6-11 tahun sama dengan vaksin untuk anak usia 12-17 tahun.

“Ini adalah vaksin pertama untuk usia 6-11 yang terdaftar di BPOM. Kami menunggu vaksin lain sehingga semakin banyak segmen anak yang bisa menerima vaksin COVID-19,” pungkasnya

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading